Artikel

6/recent/ticker-posts

Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika

 


Tidak sedikit siswa yang mengeluhkan sulitnya belajar matematika, apa umumnya bidang atau mata pelajaran matematika merupakan bidang ilmu yang memiliki tingkat kesukaran yang berbeda-beda dan harus diselesaikan dengan tepat. Matematika dirasa sulit oleh sebagian siswa lantaran berhubungan dengan rumus, angka, dan kegiatan berhitung.

Pada umumnya suatu materi akan mudah diserap oleh daya ingat siswa jika proses pembelajaran menyenangkan, matematika merupakan mata pelajaran bagi sebagian siswa namun bagi kebanyak siswa matematika merupakan pelajaran yang sulit sehingga banyak siswa yang kurang tertarik dengan materi-materi yang ditawarkan oleh guru ditambah dengan metode yang dibawakan oleh guru dalam proses pembelajaran yang monoton dan media yang hanya itu-itu saja membuat rendahnya motivasi dalam pembelajaran matematika yang dialami oleh siswa.

Ada beberapa solusi yang dapat ditawarkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa seperti dengan menggunakan media belajar yang menarik, anak-anak cenderung lebih dapat mempusatkan focus terhadap suatu hal yang menarik sehingga guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik dan terbaru dalam proses pembelajaran. Selain itu solusi yang ditawarkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang interaktif agar siswa dapat aktif dalam setiap proses pembelajaran matematika. Selain model dan media, metode juga dapat menjadi solusi agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika.

Untuk itu guru harus update untuk dapat mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa di kelas, karena pastinya kodisi siswa disetiap kelas berbeda. Misalnya di kelas A siswa memiliki motivasi belajar yang bagus disetiap mata pelajaran yang ada termasuk mata pejalaran matematika, namun bisa saja siswa di kelas c cenderung memiliki motivasi yang rendah untuk beberapa mata pelajaran termasuk mata pelajaran matematika.

Saat ini berbagai kemudah telah dapat dirasakan dan diterapkan pada proses kehidupan sehari-hari, dengan adanya internet segala informasi perkembangan media, model dan metode pembelajaran dapat dengan mudah ditemukan dan dapat menjadi solusi untuk setiap guru yang mengalami kendala dalam merancang model atau media pembelajaran yang sesuai.

Salah satunya dengan penerapan PBL atau Project based learning, PBL merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran matematika. Project based learning adalah pembelajaran berbasis pojek dimana siswa atau peserta didik diharuskan untuk melakukan eksplorasi, penilaian, interprestasi, sintesis serta informasi untuk menghasilkan berbagai hal dalam hasil kegiatan belajar.

Pada Metode Project based learning peran siswa sangat dominan dalam memperoleh inti dari materi pembelajaran namun tetap dalam pengawasan dan arahan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran, salah satu kegiatannya adalah eksplorasi. Siswa di arahkan bereksplorasi atau mencari atau juga dapat disebut menjelajah dengan tujuan menemukan suatu informasi yang berkaitan dengan pembelajaran sesuai dengan materi yang dibawakan.

Selain eksplortasi, kegiatan di dalam metode Project based learning biasanya siswa juga diarahkan untuk dapat meng-interprestasikan atau memberikan penafsiran atau kesimpulan dari suatu hal yang telah ditemukan dalam kegiatan eksplorasi. Biasanya kegiatan interprestasi mengharuskan adanya proses komunikasi yang interaktif di kelas, jika salah satu siswa menafsirkan temuannya siswa lainnya dapat menanggapinya, hal ini membuat suasana belajar menjadi aktif dan tidak monoton.

Selain melakukan interprestasi, siswa juga diarahkan agar dapat memberi penilaian terhadap apa yang telah ditemukan dari hasil eksplorasi sesuai dengan materi yang dibawakan oleh guru. Penilaian ini biasanya lebih subjektif tergantung dari temuan siswa terhadap materi yang ditugaskan.

Pada dasarnya metode PBL atau Project Based Learning mengasah siswa untuk belajar menemukan dan memecahkan suatu permasalahan yang sesuai dengan materi yang ada, dengan menggunakan metode PBL siswa jauh lebih aktif dalam mencari informasi tidak hanya informasi yang diberikan dari guru tetapi informasi yang ditemukan dari sumber lain untuyk mendukung materi pembelajaran.

Dalam matematikan kegiatan pemecahan masalah adalah hal yang lumrah namun jika dikombinasikan dengan metode Project Based Learning, siswa dapat lebih aktif dalam menyelesaikan soal dengan pemecahan masalah yang efektif dan aktif selama proses pembelajaran. Diharapkan dengan metode ini suasana kelas semakin menyenangkan dalam belajara matematika, sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang ada.

Post a Comment

0 Comments