Artikel

6/recent/ticker-posts

Kelebihan Dan Kekurangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

 


Sesuatu diciptakan pastiny memiliki fungsi, kegunaan, kelebihan, serta tidak luput dari kekurangan termasuk dengan media pembelajaran yang dirancang berbasis teknologi. Saat ini hamper setiap pendidik pasti sudah melibatkan teknologi dalam menyusun media pembelajaran selain memudahkan pendidik untuk mengimplemtasikan ide yang dimiliki, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi juga memang sudah harus diterapkan guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan yang ada di era 5.0 seperti saat ini.

Pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi memiliki kelebihan serta kekurangan dalam pengimplementasian di dalam proses pembelajaran antara lain sebagai berikut:

Kelebihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Cakupan Ilmu Yang Lebih Luas

Pemanfaatan teknologi dalam pembuatan media pembelajaran, dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada peserat didik yang bersifat lebih global selain itu pemanafaatan teknologi dalam media pembelajaran juga dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat mengakses hal-hal yang berkaitan dengan materi yang sebelumnya belum pernah dilihat oleh peserta didik.

Waktu dan Tempat Belajar Lebih Fleksibel

Dengan memanfaatkan teknologi dalam media pembelajaran akan berpengaruh pada proses pembelajaran, dimana dengan teknologi aktivitas pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Bertambahnya Sumber Belajar

Dengan adanya memanfaatkan teknologi dalam media pembelajaran, sumber belajar tidak saja berasal dari guru semata-mata namun juga dapat diperoleh melalui media belajar lainnya. Dengan adanya media tambahan lainnya tugas guru juga lebih mudah dan lebih efisien dalam mempersiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kebutuhan peserta didik.

Melatih Peserta Didik Untuk Belajar Mandiri

Saat ini sistem pendidikan lebih mengarah pada keaktifan peserta didik dalam mengeksplor materi pembelajaran ditimbang harus terus berpatok pada guru, maka dengan hal itu dengan memanfaatkan teknologi peserta didik dapat secara mandiri memperoleh informasi tambahan mengenai materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya oleh guru.

Kekurangan Media Pembelajaran berbasis Teknologi

Tidak Semua Guru Dapat Memanfaatkan Teknologi Dalam Media Pembelajaran

Banyak guru yang memiliki keterbatasan dalam menggunakan teknologi dalam kegiatan pembelelajaran, anjuran wajib pemanfaatan teknlogi di dalam pendidikan baru digenjarkan beberapa tahun terakhir sehingga masih banyak gur yang harus belajar menyesuaikan penggunaan teknologi demi mendukung proses pembelajaran.

Penyalahangunaan Teknologi

Masa sekolah adalah masa bermainnya anak-anak termasuk dengan peserta didik, penggunaan teknologi juga dapat disalahgunakan oleh peserta didik untuk mengakses diluar dari arahan guru, seperti game, media sosial dan lain sebagainya. Selain itu penggunaan teknologi tidak dapat sepenuhnya diawasi oleh guru.

Jaringan Internet

Jaringan internet bisa menjadi kendala dalam penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, rancangan media pembelajaran terkadang ada yang harus diakses dengan internet, dan kesediaan jaringan belum semua sekolah dapat melengkapinya.

Pemanfaatakn teknologi dalam media pembelajaran pasti memiliki kelebihn serta kekurangan, namun semuanya dapat diatasi dengan disesuaikannya media dengan faktor yang ada seperti faktor peserta didik, fasilitas, dan lain sebagainya.

 

 

Post a Comment

0 Comments