Artikel

6/recent/ticker-posts

Manfaat Teknologi Digital Dalam Pendidikan

 


Sejak memasuki era 5.0 segala bidang terkena dampak atas perkembangan teknologi salah satunya adalah bidang pendidikan, perkembangan teknologi kerap memberi perubahan yang signifikan terhadap suatu pekerjaan, bidang, maupun struktur tertentu. Pendidikan merupakan salah satu bidang terpenting yang berkaitan dengan perkembangan serta kemajuan generasi bangsa.

Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan sudah sejak lama dilakukan oleh pemangku kebijakan, bahkan tuntutan kepada para pendidik untuk dapat menguasai teknologi digital juga sudah dilakukan dengan pelatihan serta program-program yang diselenggarakan diharapkan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi dalam proses pendidikan terutama dalam kegiatan pembelajaran sudah dapat diterapkan dengan baik. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan teknologi dalam pendidikan antara lain sebagai berikut :

Keberningkatan Kualitas Pendidikan

Salah satu yang menjadi patokan meningkatnya kualitas pendidikan adalah mendukungnya fasilitas atau sarana dan prasarana dalam pendidikan terkhusus dalam kegiatan proses pembelajaran. Teknologi dapat memudahkan pendidik maupun peserta didik dalam memperoleh informasi yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Untuk itu para pendidik diharuskan dapat menggunakan teknologi, maka dengan itu kualitas pendidikan juga akan menjadi lebih baik dan memumpuni.

Menjadi Pendukung Dalam Proses Pembelajaran

Saat ini teknologi dapat dimanfaatkan sebagai pendukung dalam proses pembelajaran, para pendidik lebih bisa mengeksplorasi ide untuk mengembangkan bahan atau materi pembelajaran, selain itu para pendidik dapat menciptakan suasana belajar menjadi lebih aktif dengan hadirnya teknologi. Selain itu kebebasan dalam memrancang media pembelajaran dapat lebih mudah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Sistem Administrasi Yang Lebih Efisien

Teknologi digital juga dapat dimanfaatkan untuk mengefesiensikan waktu, tenaga dalam proses administrasi dalam pendidikan. Jika sebelumnya pendataan nilai dilakukan secara manual dengan adanya teknologi pendataan nilai dapat dilakukan secara mudah dan cepat. Dengan hal ini membuktikan bahwa perkembangan teknologi dapat mempermudah pekerjaan yang ada di bidang pendidikan. selain pendataan, teknologi digital juga dapat menyajikan informasi secara terbuka bagi pihak yang memerlukan informasi adiministrasi yang diperlukan.

Keterbukaan Informasi Kepada Publik

Teknologi digital juga dirancang agar segala informasi yang dibutuhkan public juga dapat diakses dengan mudah, salah satunya informasi di ranah pendidikan. seperti contoh informasi terkait mahasiswa yang ada disuatu universitas terdaftar bisa dengan mudah dicari di lama website PDDIKTI, hal ini dibuat dengan tujuan agar memperoleh kebenaran data.

Selain hal yang ada di atas, banyak lagi manfaat yang diperoleh dari hadirnya teknologi dalam bidang pendidikan. Pada dasarnya adanya teknologi akan berdampak baik jika dipergunakan sebagaimana semestinya, namun sebaliknya akan menjadi boomerang jika tidak digunakan dengan benar. Dalam pendidikan perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan untuk kemajuan pendidikan itu sendiri baik dari sisi pembuat kebijakan, pelaksana pendidikan, bahkan hingga ke pelaku pendidikan.

 

 

 

Post a Comment

0 Comments