Artikel

6/recent/ticker-posts

Peran Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa

 


Perpustakaan dalam arti tradisional merupakan kumpulan koleksi buku dan majalah, namun dalam cakupan yang lebih besar perpustakaan merupakan tempat untuk mengakses informasi baik dalam bentuk buku, majalah maupun dalam bentuk digital (data atau informasi yang diakses lewat jaringan komputer).

Pada umumnya perpustakaan memiliki peran untuk memelihara dan meningkatkan efesiensi dan efektivitas proses belajar-mengajar di sekolah, kampus, maupun disatuan pendidikan lainnya dengan tujuan untuk memberikan kesempatan melalui jasa pelayanan perpustkaan agar pengguna perpustakaan dapat mendidik dirinya secara berkesinambungan terhadap informasi yang terus berkembang, tanggap dalam kemajuan pada berbagai ilmu pengetahuan, dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, dan memebrikan manfaat positif di berbagai bidang ilmu pengetahuan. Adapun beberapa peran perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa adalah sebagai berikut :

Perpustakaan berperan menyediakan bahan bacaan yang menarik bagi siswa, bahan bacaan yang menarik sangat membantudalam meningkatkan minat baca siswa, perpustakaan hendaknya menyesuaikan kebutuhan sumber bacaan bagi siswa disekolah, pastinya harus memperhatikan perkembangan informasi yang terkini.

Memberikan kebebasan membaca kepada siswa, salah satu faktor yang sering membuat siswa malas untuk ke perpustakaan adalah situasi perpustakaan yang tidak memberikan kebebasan bagi siswa untuk mengakses sumber bacaan, pada umumnya perpustakaan harus dengan situasi yang kondusif namun siswa tetap diarahkan untuk bisa menggunakan perpustakaan dengan nyaman.

Berkolaborasi dengan guru untuk mengakaitkan proses belajar mengajar dengan perpustakaan, dengan adanya kolaborasi guru dan pustakawan untuk meningkatkan minat baca siswa dengan cara mengakaitkan proses belajar, penyajian, serta tugas-tugas maka siswa akan sering mengakses informasi atau bahan bacaan di perpustakaan.

Mengadakan berbagai kegiatan lomba yang bertujuan untuk menambah minat membaca siswa, aktifnya perpustakaan akan berpengaruh terhadap minat ingin taunya siswa terhadap kegiatan-kegiatan yang diadakan perpustakaan yang akan menambah minat dan kegemaran baca siswa disekolah.

Pengelolaan perpustakaan yang baik, perpustkaan dengan sistem kelola yang baik akan berdampak positif bagi perpustakaan sendiri maupun pengguna perpustakaan termasuk siswa. Pengelolaan perpustakaan harus diperhatikan untuk meningkatkan standar pelayanan hingga dapat membuat pengunjung menjadi nyaman dan betah di perpustakaan.

Melakukan promosi yang bertujuan untuk menanamkan kesadaran pada siswa akan pentingnya membaca, perpustakaan memiliki peran salah satunya yakni menanamkan kesdaran pada siswa atas pengtingnya membaca, menimba ilmu dan sebagainya. dengan promosi yang dilakukan perpustakaan diharapkan dapat menambah minat baca siswa disekolah.

Memberikan penghargaan kepada siswa yang paling sering mengunjungi dan meminjam buku di perpustakaan, hal ini merupakan salah satu pemacu semangat siswa untuk sering dating ke perpustakaan untuk mengakses informasi atau meminjam buku. Dengan demikian siswa lainnya dapat termotivasi untuk membaca.

Perpustakaan memiliki banyak peran bagi perkembangan dan penyebaran informasi di satuan pendidikan, untuk itu perpustakaan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


Post a Comment

0 Comments