Artikel

6/recent/ticker-posts

Merdeka Belajar Kampus Merdeka

 


Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau yang sering disebut dengan MBKM resmi diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada awal tahun 2020. MBKM sendiri merupakan salah satu kebijakan yang dibuat oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan baik soft skills maupun hard skills, dengan beberapa program yang diluncurkan lulusan diharapkan lebih siap dan relevan dalam menghadapi kebutuhan zaman saat ini dan yang akan mendatang.

Ketentuan Merdeka Belajar Kampus Merdeka telah diatur dalam peraturan pemerintah seperti pada undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan pada undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Kebijakan-kebijakan didalamnya mengatuir tentang sistem kegiatan MBKM dan Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi asal.

Ada beberapa Program yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan antara lain sebagai berikut :

Kampus Mengajar

Kampus Mengajar merupakan salah satu program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kelas selama satu semester dengan menjadi mitra guru dalam mengembangkan strategi dan model pembelejaran yang inovatif di satuan pendidikan sasaran, dengan fokus untuk peningkatan literasi dan numerasi pada siswa di sekolah.

Magang Bersertifikat

Program ini merupakan bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar perkuliahan. Pada program magang bersertifikat mahasiswa mendapat pengalam kerja di industri/dunia profesi selama 1 sampai 2 semester, dengan pembelajaran langsung ditempat kerja mahasiswa memperoleh kemampuan baik soft skills maupun hard skills.

Studi Independen

Salah satu program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas diluar perkuliahan, program ini diperuntukan bagi mahasiswa yang ingin menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang juga dicari oleh usaha dunia industri.

Pertukaran Mahasiswa

Pertukaran Mahasiswa merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa memperoleh pengalaman untuk belajar di Universitas lain selama satu semester.

Wirausaha Merdeka

Wirausaha Merdeka merupakan program yang ditujukan kepada mahasiswa untuk meningkatkan skill wirausaha. Program Wirausaha Merdeka bertujuan untuk mendukung penuh terciptanya wirausaha mahasiswa di Indonesia.

Indonesian International Student Mobility Awards

Indonesian International Student Mobility Awards atau yang sering disebut dengan IISMA merupakan program pertukaran mahasiswa antar negara yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan perkuliahan di universitas luar negeri.

Banyak program Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mencari pengalaman, mengasah soft skills dan hard skills. Selain itu program-program MBKM bertujuan untuk menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Program-program experiental learning dengan jalur yang fleksibel diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakat.

Post a Comment

0 Comments