Artikel

6/recent/ticker-posts

Pola Asuh Anak Introvert

 

Pada dasarnya seseorang yang terlahir tidak memiliki sifat yang sama, berbagai karakter dapat ditemui dalam diri orang-orang yang ada disekitar seperti contoh kita dapat menemukan orang dengan karakter yang ramah, mudah bersosialisasi, aktif dan lain sebagainya namun kita juga dapat menjumpai orang-orang dengan karakter yang sebaliknya seperti tidak mudah bergaul, introvert, pendiam, dan lebih suka menyendiri. Hal tersebut wajar dikerenakan sifat atau karakter seseorang bukanlah sebuah rancangan tetapi sudah tercipta sejak lahir, baik karena faktor keturunan maupun lingkungan.

Salah satu yang sering ditemuin adanya sifat anak yang introvert, introvert merupakan sifat yang dimiliki seseorang yang cenderung pendiam, suka menyendiri, tenang, menarik diri, tidak tergesa-gesa. Seorang yang introvert lebih suka bekerja secara mandiri. Lalu bagaimana cara menghadapi anak yang introvert? Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menghadapi anak yang memiliki karakter demikian rupa antara lain:

Dukung Anak Situasi Apapun

Salah satu yang membuat anak tidak nyaman adalah situasi lingkungan, orang tua hendaknya mengenali apa yang membuat anak nyaman. Selain itu penting bagi orang tua untuk selalu mendukung minat serta bakat sang anak, karena pada umumnya anak yang memiliki kepribadian introvert cenderung kurang terbuka sehingga mereka suli untuk berterus terang dengan apa yang mereka inginkan.

Kenali Anak pada Sesuatu Hal tanpa Memaksa

Penting bagi orang tua untuk mengenali anak pada suatu hal diluar dari hal yang biasa ia temui seperti lingkungan sosial, keramaian, bahkan sesuatu hal yang bisa saja membuat anak introvert tidak nyaman, mengenal lingkungan luas juga merupakan suatu hal yang penting bagi tumbuh kembang anak, namun tidak perlu memaksakan anak untuk menerima hal tersebut. Setiap anak perlu beradaptasi untuk menerima hal baru.

Memahami Kondisi Anak

Anak yang memiliki sifat introvert lebih senang memendam apa yang dia rasakan, cenderung lebih tertutup, untuk itu orang tua harus memahami kondisi anak dengan memberikan rasa tenang dan aman, serta tawarkan bantuan tanpa memaksa.

Bicara Dari Hati Ke Hati

Anak yang introvert cenderung memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi akan suatu hal, sebagai orangtua penting itu bisa membangun komunikasi pada anak. Komunikasi serta perlakuan merupakansalah satu wujud dari rasa kepedulian orang tua kepada anak.

Kepribadian, sifat atau karakter introvert bukan suatu hal yang perlu dikhawatirkan, melainkan sesuatu yang harus dipahami dan dibimbing terutama pada anak. Sebagai orang tua mungkin kita akan menghadapi berbagi macam karakter anak, untuk itu sangat perlu memahami anak karakter anak demi perkembangan anak. Berbagai hal dapat dilakukan orang tua untuk menghadapi buah hatinya, karena pada dasarnya orang tua lebih mengenal sifat dan karakter anak tersebut dari lahir hingga dewasa.

 

Post a Comment

0 Comments