Artikel

6/recent/ticker-posts

Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Belajar

 


Saat ini zaman telah berkembang memasuki era 5.0 dimana segala jenis kegiatan alih-alih diselesaikan secara manual sekarang dapat lebih mudah selesai dengan memanfaatkan teknologi canggih yang terus berkembang. Kegiatan yang dapat di lakukan dengan pemanfaatan teknologi salah satunya adalah proses pembelajaran, kecanggihan teknologi digital telah banyak memberikan sumbangsih kepada perkembangan pendidikan dalam proses pembelajaran termasuk pada saat pandemic covid-19 yang melanda beberapa waktu lalu.

Selain itu penerapan teknologi dalam proses pembelajaran merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas dalam pendidikan, karena para pendidik juga telah dituntut untuk menguasai teknologi dalam pelaksanaan pendidikan baik sebagai media, bahan, sumber dan lain sebagainya. Ada beberapa teknologi yang dapat digunakan dalam proses belajar antara lain sebagai berikut :

E-Learning

Salah satu penerapan teknologi dalam proses pembelajaran adalah dengan pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. E-learning mulai ramai digunakan sejak masa pandemi dan segala aktivitas kegiatan belajar dirumahkan atau daring. E-learning dapat memudahkan pendidik dalam mengontrol proses belajar peserta didik mulai dari daftar hadir, pengaksesan materi pembelajaran, hingga pengumpulan tugas dan keaktifan di forum diskusi.

Vidio Conference

Vidio conference tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan orang banyak di suatu forum tetapi juga sangat bermanfaat dalam proses belajar, dengan adanyan video conference tidak menghalangi kegiatan pertemuan di dalam proses belajar antara pendidik dengan peserta didik walau hanya dengan tatap maya. Selain itu video conference juga dilengkapi menu yang dapat menunjang proses belajar seperti screen share, papan tulis digital, dan lain sebagainya. Video conference yang dapat digunakan berupa zoom, google meet, Microsoft dan lain sebagainya.

Media Sosial

Jika seorang pendidika pernah memberi intruksi kepada peserta didik agar mengumpulkan tugas ke salah satu sosial media seperti instagram atau youtube dengan kata lain proses belajar yang dilakukan oleh pendidik dengan peserta didik telah melibatkan teknologi digital didalamnya. Tidak jarang saat ini media sosial telah menjadi bagian dari proses belajar, dengan media sosial banyak informasi yang dapat ditemui sesuai dengan materi pembelajaran. Namun penggunaan media sosial juga memiliki dampak negative salah satunya yakni tidak tersaringnya informasi yang jelas bagi setiap penggunanya.

Banyak lagi kecanggihan teknologi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran seperti google classroom, edmodo dan lain sebagainya. Para pendidik dapat menggunakan kecanggihan teknologi sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam menerima materi pembelajaran, namun penggunaan teknologi digital kepada peserta didik juga harus dapat dibatasi tidak semua hal dapat diserap dengan baik oleh peserta didik, untuk itu pendidik perlu memperhatikan setiap media, bahan, dan lainnya yang dirancang untuk proses pembelajaran bersama peserta didik.

Post a Comment

0 Comments