Artikel

6/recent/ticker-posts

Yuk Simak Tips Cara Meningkatkan Kosentrasi Dalam Belajar

 


Sering merasa sulit untuk berkonsentrasi dalam suatu hal salah satunya dalam belajar? Kesulitan konsentrasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain seperti tubuh yang kurang fit, kurangnya istirahat, perasaan yang sedang tidak baik-baik saja, sedang ada masalah, atau sedang dalam keadaan lapar dan lain sebagainya. Sangat banyak faktor yang menyebabkan hilangnya konsentrasi seseorang.

Namun pada umumnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar, antara lain sebagai berikut :

Pastikan Tubuh Dalam Keadaan Fit

Ketika tubuh dalam keadaan fit seseorang dapat dengan mudah untuk berkonsentrasi dalam hal apapun termasuk dalam kegiatan belajar, untuk itu dianjurkan untuk selalu menja pola makan dan istirahat. Menjaga pola makan sangat berpengaruh untuk konsentrasi seseorang seperti harus selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dan makan buah serta sayur yang sehat dan makan makanan yang bergizi yang dapat meningkatkan kecerdasan otak serta daya ingat pada anak.

Hindari Segala Sesuatu Yang Dapat Menggangu Proses Belajar

Banyak hal yang dapat menjadi hambatan ketika proses belajar sedang berlangsung seperti suara yang berisik, keadaan lingkungan yang tidak kondusif, bahkan orang-orang disekitar yang bisa saja mengganggu. Dengan demikian salah satu hal yang dapat menjaga konsentrasi saat sedang belajar adalah pilihlah lingkungan yang kondusif karena itu sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Selain itu hambatan yang sewring dialami oleh anak-anak saat ini adalah kecanggihan teknologi yang sering disebut dengan “Handphone” disatu sisi hp dapat mendukung proses belajar pada anak dengan tersedianya sumber literasi dan informasi digital namun disisi lain hp juga dapat menjadi hambatan pada proses belajar anak, dan dapat mengganggu konsetrasi belajar pada anak. Seperti ketika belajar sambil bermain hp, konsentrasi dapat terpecah dengan adanya notifikasi dari WhatsApp dan media sosial lainnya.

Gunakan Metode Yang Dapat Melatih Konsentrasi

Selain lingkungan yang kondusif salah satu yang dapat meningkatkan konsentrasi dalam belajar adalah menggunakan metode yang harus menyita perhatian sehingga fokus belajar hanya tertuju pada pembelajaran tersebut. Dan terapkan metode yang menyenangkan, sering sekali seseorang tidak dapat berkonsentrasi karena mata pelajaran tertentu yang tidak ia minati, namun hal tersebut dapat diatasi dengan metode belajar yang menyenangkan.

Cukupkan Waktu Dalam Belajar

Setiap anak memiliki batas dalam menerima pelajaran, sebagian anak bisa saja gemar belajar da nada juga yang sebaliknya, ada anak yang hanya bisa belajar namun diselingi dengan bermain. Untuk itu dalam belajar harus ada batasan waktu yang ditentukan agar ketika sedang belajar walaupun dengan waktu yang singkat perhatian serta konsentrasi belajar pada anak hanya tertuju pada materi pembelajaran.

Ada banyak hal yang dapat diterapkan untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak, namu yang paling utama adalah seseorang harus ada keinginan untuk memulai proses belajar.

Post a Comment

0 Comments