Artikel

6/recent/ticker-posts

Contoh Sistem Pendidikan Yang di Terapkan di Berbagai Negara

 


Pasti kamu pernah bertanya-tanya negara mana yang berhasil menjalankan sistem pendidikan yang berdampak pada perkembangan generasi bangsanya, salah satu negara yang dikenal dengan sistem pendidikan yang terbaik di dunia adalah Finlandia, bahkan beberapa survey global mengatakan bahwa Finlandia disebut sebagai negara dengan kuliatas hidup nomor satu di dunia, hal tersebut dikarenakan pemerintahan di negara tersebut turun langsung dalam mengawasi sistem pendidikannya.

Dari penjelasan di atas selain ketepatan pengelolaan system pendidikan ada beberapa sistem yang menarik perhatian di negera tersebut dan di negara-negara lainnya yang dapat di simak dari penjelasan berikut :

Finlandia

Ada beberapa sistem yang diterapkan dalam pendidikan di negara Finlandia salah satunya sekolah-sekolah pada negara ini tidak menerapkan adanya PR (pekerjaan rumah) bagi siswanya. Selain itu metode belajar yang digunakan guru di bebaskan dan kurikulum pendidikan yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan peserta didik di negara tersebut.

Jerman

Jerman juga dikenal dengan negara yang berhasil mengelola sistem pendidikan di negaranya ada beberapa metode yang diterapkan salah satunya pendidikan sekolah dasar yang hanya berlangsung selama 4 tahun dan dibebaskan dari biaya atau sama dengan gratis. Di Jerman rata-rata penyelenggaraan pendidikannya hanya berlangsung selama 3 hari dalam seminggu.

Belanda

Belanda sala satu negara yang unik dalam sistem pendidikannya salah satunya yakni di negera ini penjurusan akademik sudah di mulai saat anak telah memasuki pendidikan sekolah dasar, selain itu jam belajar yang hanya berlangsung selama 5,5 jam dalam sehari dinilai cukup untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Jepang

Jepang juga dikenal dengan negara tingkat disiplin yang tinggi, ada beberapa hal yang unik dari sistem pendidikan di Jepang, negara ini sangat mengutamakan nutrisi sarta makanan untuk siswanya dan materi pengajaran sehari-hari banyak di isi dengan materi yang berkaitan dengan musik dan olahraga. Hal tersebut sesuai dengan kebiasaan warga negara Jepang yang sangat disiplin dengan bekerja, sehingga diperlukan untuk memperhatikan asupan dan kesehatan.

Korea Selatan

Sebagian para pembaca apakah pernah terbayangkan untuk memulai pendidikan di Korea? Korea merupakan negara yang menggratiskan pendidikan warganya dari sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama, semua biaya yang ada telah ditanggung oleh pemerintah. Selain itu libur sekolah yang diberikan kepada siswa di Korea tergolong panjang.

Dari penjelasan diatas dapat dilihat dari berbabagi negara menerapkan sistem pendidikan yang berbada bahkan dari hal terkecil sekalipun, namun pada hakikatnya sistem pendidikan yang ada pada suatu negara haruslah memperhatikan kondisi serta situasi masyarakat pada negara yang bersangkutan.

Negara-negara yang berhasil dalam mengelola sistem pendidikannya tidak terlepas dari peran semua pihak yang ada, mulai dari pemerintah hingga masyarakat
semua harus bekerjasama untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan demi kemajuan suatu bangsa.

Post a Comment

0 Comments