Artikel

6/recent/ticker-posts

Hal Yang Perlu di Perhatikan Saat Sedang Menyusun Skripsi

 


Tidak jarang mahasiswa semester akhir banyak yang mengalami kesulitan dalam memperoleh persetujuan atau ACC untuk lanjut pada tahap berikutnya seperti seminar proposal ataupun sidang meja hijau, buat kamu yang sedang menyusun tugas akhir atau skripsi, mungkin sudah lembaran tulisan yang sudah dicoret atau di tandai dosen pembimbing yang harus kembali diperbaiki. Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan dalam menulis tugas akhir sebelum diserahkan kepada dosen pembimbing agar tidak dicoret karena kesalahan yang fatal. Berikut hal yang harus kamu perhatikan dalam menulis tugas akhir :

Penggunaan Tanda baca yang salah

Tanda baca merupakan hal sepele yang sering luput dari perhatian mahasiswa ketika menulis tugas akhir, tidak sedikit dosen yang sering manandai penggunaan tanda baca pada tugas akhir mahasiswanya. Seperti penggunaan tanda koma, tanda titik, penggunaan titik dua, dan yang paling sering adalah penggunaan tanda kutip dan tanda koma pada penulisan referensi pada lebaran tugas akhir mahasiswa. Hal ini perlu diperhatikan ketika menulis tugas akhir.

Kesalahan dalam penulisan

Kesalahan dalam penulisan atau lebih dikenal dengan typo kesalahan yang dibuat pada saat proses mengetik.ini merupakan hal yang sering dialami oleh mahasiswa ketika mengetik tulisan tugas akhirnya. Perlu diperhatikan setiap paragraf penulisan agar skripsimu lekas di ACC ya.

Bahasa yang digunakan tidak atau kurang baku

Salah satu syarat penulisan tugas akhir adalah bahasa yang digunakan haruslah bahasa baku, namun hal ini juga sering luput dari perhatian mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir. Pengetikan yang tidak sesuai dengan bahasa baku sering mencuri perhatian dosen dan harus berujung kembali di revisi. Penggunaan bahasa yang baku dapat diperhatikan pada setiap paragraf penulisan. Mahasiswa harus lebih jeli mengetahui bahasa baku yang ingin digunakan.

Penggunaan kata sambung di awal peragraf

Tahukah kamu bahwasanya penggunaan kata sambung di awal paragraf baru sangat tidak dianjurkan, paragraf baru biasanya menceritakan sesuatu hal yang baru dari topik penelitian yang dibahas. Jadi kata sambung dapat dilanjutkan setelah kamu menceritakan topik utama dalam satu paragraf yang telah kamu bahas. Contoh kata “Sehingga...” digunakan pada peragraf baru untuk menjelaskan kejelasan topik yang sebelumnya telah dijelaskan, dan lain sebagainya.

Penggunaan Referensi yang Sesuai

Hal yang sering diperiksa kembali adalah penggunaan referensi atau kutipan yang sesuai dengan topik penelitian yang kamu bahas, biasanya suatu universitas atau fakultas telah menetapkan aturan dalam penggunaan referensi pada tugas akhir mahasiswanya seperti batas maksimum tahun penggunaan referensi adalah 5 tahun kebawah dan sebagainya. Selain itu kejelasan dari sumber referensi yang digunakan juga perlu diperhatikan.

Hal diatas merupakan hal yang dinilai sepele dalam penulisan tugas akhir namun, sebagian besar sangat berdampak kelanjutan tugas akhir mahasiswa. Beberapa dosen bisa saja sangat teliti dalam meng-cross cek hal-hal tersebut dalam penulisan skripsi mahasiswanya.

 

Post a Comment

0 Comments