Artikel

6/recent/ticker-posts

Tips Cara Mudah Menghafal


Tahukah kamu jika tidak jarang seseorang bisa saja mengalami kesulitan dalam menghafal, gangguan mengingat atau menghafal bisa wajar terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal seperti sedang tidak fokus, suasana yang tidak kondusif, kurang tidur, belum makan, sedang sedih, dan fikiran yang tidak tenang. Dalam medis ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi seperti hipoglikemia (gula dara rendah), anemia, cidera kepala, gangguan psikis, pengaruh obat dan lain sebagainya yang membuat kemampuan mengingat seseorang dapat terganggu.

Namun ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar bisa menghafal lebih mudah diantaranya :

Mencatat Kata Kunci dan Poin Penting

Metode mencatat merupakan cara yang sering dilakukan sedari dulu, diyakini bahwa mengulang membaca suatu materi dan mencatat kembali lebih dapat mudah untuk diingat kembali. Selain itu mencatat point-point penting atau kata kunci dalam sebuah materi yang ingin dihafal juga merupakan hal yang dapat dilakukan.

Membaca Berulang

Membaca berulang merupakan teknik sederhana yang dapat dilakukan oleh siapapun dalam menghafal dan mengingat, namun untuk menghafal dengan metode ini harus dengan keadaan yang focus agar dapat mengingat dengan baik.

Pastikan Suasana Hati Sedang Baik

Suasana hati kerap mempengaruhi psikologis seseorang dalam melakukan aktivitas salah satunya adalah kegiatan belajar,  seseorang akan sulit focus jika dalam situasi hati yang tidak baik namun sebaliknya seseorang akan mudah focus ketika suasana hati sedang dalam keadaan baik.

Keadaan Tubuh Sedang Fit

Tubuh yang sehat juga mempengaruhi tingkat konsentrasi seseorang dalam menghafal, konsentrasi merupakan hal yang paling utama ketika kita sedang berusaha mengingat sesuatu. Untuk itu tetap jaga kesehatan agar dapat menjalankan segenap aktivitas.

Visualisasi

Tidak jarang seseorang lebih dominan mudah untuk mengingat ketika melihat suatu objek secara visual, dapat berupa gambar, warna, yang dapat merangsang daya ingat seseorang. Visualisasi merupakan metode yang tepat untuk seseorang ytang sulit menghafal hanya dengan membaca berulang atau mencatat kembali point-point penting.

Rekam dan Dengarkan

Sama hal nya dengan visual sebagian orang lebih mudah mengingat dengan sisa-sisa memori apa yang telah di dengarkan, hal ini dapat menjadi metode menghafal bagi seseorang yang sulit menngingat sesuatu hanya dengan membaca berulang.

Setiap orang tentunya memiliki kesulitan dan cara masing-masing dalam menghafal, sebagian orang dapat dengan mudah menghafal dengan cara membaca kembali setiap materi yang ingin dihafal, namun ada juga sebagian orang memerlukan usaha ekstra dalam mengingat atau menghafal sesuatu, salah satunya mateti pembelajaran.

 

 

 

Post a Comment

0 Comments