Artikel

6/recent/ticker-posts

Syarat Dan Kriteria Alat Peraga


Dalam Pemilihan Alat Peraga, terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah alat peraga agar dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dari pembelajaran tersebut.
Alat peraga yang akan digunakan oleh seorang guru hendaknya menjadi sebuah alat bantu yang mempermudah siswa untuk memahami sebuah teori atau menemukan sebuah pembuktian rumus, sehingga siswa dapat bekerja. 


Menurut E.T Rusefensi beberapa persyaratan alat peraga antara lain :
  1. Tahan Lama
  2. Bentuk dan warnanya menarik
  3. Sederhana dan mudah dikelola
  4. Ukurannya sesuai
  5. Dapat menyajikan konsep matematika baik dalam bentuk real, gambar, atau diagram
  6. Sesuai dengan konsep matematika
  7. Dapat memperjelas konsep matematika kadan bukan sebaliknya
  8. Peragaan itu supaya menjadi dasar bagi tumbuhnya konsep berfikir abstrak bagi siswa
  9. Menjadikan siswa belajar aktif dan mandiri dengan memanipulasi alat peraga
  10. Bila mungkin alat peraga tersebut bisa berfaedah lipat (banyak)
Kriteria menggunakan alat peraga sangat bergantung pada :
ü  Tujuan (obyektif)
Pemilihan kriteria alat peraga yang tepat dapat mempengaruhi tujuan pengajaran yang akan dicapai apakah alat peraga tersebut mampu meningkatkan domain, cognitif, psikomotor yang merupakan tujuan dari sebuah pembelajaran.
ü  Materi Pelajaran
Alat peraga biasanya dipakai untuk membantu siswa dalam memahami sebuah konsep dasar dalam materi pembelajaran matematika sehingga memudahkan siswa dalam pemahaman materi dalam ruang lingkup dan kesukaran yang lebih tinggi. Peragaan untuk konsep dasar digunakan untuk mempermudah konsep selanjutnya.
ü  Strategi Belajar Mengajar
Dengan menggunakan alat peraga maka akan mempermudah guru di dalam menerapkan strategi di dalam mengajar. Pengunaan alat peraga merupakan strategi pengajaran dalam metode penemuan ataupun permainan.
ü  Kondisi
Media alat peraga membantu guru pada kondisi-kondisi tertentu misalnya saja pada kondisi kelas yang penuh dengan siswa sehingga diperlukan pengeras suara untuk mempermudah guru agar dapat didengar oleh siswanya saat menjelaskan materi.
ü  Siswa
Pemilihan alat peraga disesuaikan dengan apa yang disukai oleh anak misalnya saja alat peraga yang berupa permainan namun hal tersebut tentunya tidak lepas dari tujuan pembelajaran.

Post a Comment

0 Comments