Artikel

6/recent/ticker-posts

Cara Belajar Matematika SD yang Menyenangkan

Cara belajar matematika SD pada dasarnya lebih sulit dibandingkan dengan kelihatannya. Memang, materi pembelajaran matematika untuk anak SD masih mudah seperti pengurangan, penjumlahan, bilangan cacah, pengukuran waktu, pecahan dan lainnya.

Materi-materi matematika tersebut memang masih mudah dipahami orang tua, namun yang menjadi masalah di sini adalah, bagaimana jika anak kurang memahami penjelasan yang diberikan oleh guru.

Sebagai orang tua, Kamu tentu bertugas membantu pemahaman anak menggunakan cara yang tepat. Jika materinya mudah namun pembelajaran diiringi dengan kemarahan, tentu anak akan akan menjadi benci dengan matematika.


Cara Belajar Matematika SD dengan Mudah

Sebenarnya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar pembelajaran matematika bisa lebih mudah, berikut beberapa diantaranya:

1.     Kenalkan angka dengan baik ketika anak masih duduk di kelas 1

Anak akan lebih mudah untuk belajar mengenal angka saat ia mengetahui seperti apa bentuknya ketika dituliskan. Kamu bisa memulai mengenalkan angka dalam jumlah yang cukup untuk seusianya.

 

Anda juga dapat mengajaknya untuk membaca nomor telepon, nomor rumah hingga plat kendaraan. Pengenalan angka ini menjadi hal yang penting agar bisa mengawali pelajarannya di semua cabang.

 

2.     Ajak buah hati untuk berhitung bersama

Pelajaran mendasar matematika yang mudah diajarkan pada anak-anak ialah berhitung. Mengajari buah hati berhitung bisa dilakukan dari hal kecil bahkan dari kegiatan sehari-hari.

 

Anda dapat mengajarinya menghitung buah yang ada di atas meja makan, jumlah piring yang disediakan di meja makan hingga jumlah anak tangga. Dengan menggunakan cara ini, anak bisa lebih mudah menerapkannya dibandingkan dengan belajar menghitung dari buku.

 

3.     Menunjukkan penerapan matematika

Untuk anak, matematika mungkin hanya pelajaran sekolah saja. Kamu dapat mengubah cara berpikir tersebut dengan memperlihatkan penerapan penggunaannya.

 

Contohnya saja Kamu bisa menghitung uang pembayaran dari berbelanja di warung bersamanya, mengukur resep atau menghitung potongan harga bersama.

 

Ada berbagai cabang matematika yang sebenarnya mudah dipelajari dengan menggunakan pola kehidupan sehari-hari. Untuk pelajaran geometri, Kamu dapat mengajak buah hati mengamati bentuk benda.


Mengajarkan matematika memang harus sabar, lebih-lebih ia masih berada di bangku sekolah dasar. Selain itu cara belajar matematika SD juga harus kreatif sehingga ia tidak akan bosan. disinilah tantangan yang harus dihadapi oleh seorang guru maupun seorang guru. jika pembelajaran yang bisa kita berikan dapat merasa anak nyaman, maka pembelajaran dengan materi apapun akan merasa menyenangkan. sehingga target yang dingin dicapai pun akan terpenuhi. AA

 

 

Post a Comment

1 Comments