Artikel

6/recent/ticker-posts

Gimana Sih Mengatasi Rasa Malas?

Pernah gak sih ketika kamu ingin memulai sebuah aktivitas kamu ngerasa berat banget kalau mau memulai hari ini.Malah kamu berfikir untuk memulainya terbesit di dalam hati mu “udah deh dikerjain besok aja”, dan ketika udah harinya kamu berfikir “udah deh keknya awal bulan aja “. Pasti ini sering terjadi. Dan pada akhirnya gak dikerjain sama sekali. Gak jarang hampir semua orang suka menunda-nunda pekerjaan yang sebenarnya penting banget buat hidup kita. Atau biasanya kebanyakan orang suka menyelesaikan pekerjaan di akhir deadline, ataupun sering disebut MEPET. Sifat menunda ini pada akhirnya gabaik buat dilakukan dalam jangka panjang. Ini membuat pekerjaan tidak maksimal. Sebenarnya sifat menunda-nunda pekerjaan ini kebanyakan disebabkan oleh rasa malas. Nah banyak banget yang ingin menghilangkan rasa malas dan ingin merubah kebiasaan buruk menunda-nunda pekerjaan. Jangan khawatir kamu bisa prinsip untuk mengatasi rasa malas.
Kita perlu belajar dari negeri sakura, Jepang,seperti yang kita ketahui Jepang ini adalah negara yang terkeknal dengan etos kerja yang baik dan orangnya yang sangat disiplin. Nah orang Jepang dari kecil sudah dilatih untuk memiliki prinsip tertentu, mereka itu dilatih untuk mengulang rutinitas kecil yang positif setiap harinya.Nah dari rutinitas yang biasa dilakukan ini kemudian membudaya sehingga dipakai terus sampai mereka tumbuh dewasa.Nah ini lah yang membuat mereka jadi disiplin dan ga males-malesan. Konsep rutinitas ini mereka namain dengan KAIZEN. Kaizen ini terdiri dari 2 kata Kai yang artinya berubah dan Zen artinya kebijaksanaan. Nah prinsip ini juga sering disebut sebagai Prinsip 1 Menit.Kenapa diberi nama 1 menit?. Karena prinsip ini membiasakan kita untuk melakukan sesuatu hanya dalam 1 menit setiap harinya di waktu yang sama.Misalnya memulai membaca buku 1 menit,belajar bermain gitar dan lain-lain. Tapi kamu harus lakukan tanpa ke distrak atau kamu harus fokus dalam melakukan hal tersebut. 
Prinsip 1 Menit ini bisa melatih kita dalam betanggung jawab. Karena ketika kita melakukan suatu hal ini di dalam 1 menit ada keterpuasan batin sendiri karena sudah melakukan suatu kegiatan dengan tuntas. Nah perasaan ini yang bikin ketagihan karena kita udah bertanggung jawab dengan satu tugas yang kita punya. Nah ini menimbulkan sense of progress dalam hidup kita. Nah kalau kami sudah mulai ketagihan setiap harinya akan nambah mulai dari satu menit, nambah ke dua menit,nambah kelima menit dan hingga sampai ke 30 menit.Tapi ingat Harus dibutuhkan Konsistensi biar jadi sebuah kebiasaan baik dalam hidup kamu. Nah Prinsip Kaizen atau Prinsip 1 menit ini bisa dilakukan  oleh siapapun dalam bidang kehidupan apapun. Nah ayo kapan lagi mau mulai untuk merubah sifat malas kalau tidak dari sekarang.Mulailah dari hal-hal kecil yang tanpa kamu sadari bisa merubah dan memberikan dampak besar bagi hidup kita. Semangat buat kita. AA

Post a Comment

0 Comments