Artikel

6/recent/ticker-posts

Gunakan Teknologi Demi Proses Belajar Yang Efektif

 

Saat ini dalam dunia pendidikan para pendidik dituntut agar dapat menguasai teknologi demi dapat mengimplementasi hal tersebut pada proses pembelajaran, banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan kecanggihan teknologi dalam proses pembelajaran salah satunya adalah mempermudah pendidik untuk menyalurkan informasi terkait materi pembelajaran. Belakangan ini ada beberapa teknologi yang sering digunakan para pendidik dalam proses pembelajaran antara lain sebagai berikut :

E-Learning

Mungkin sebagian para pendidik tidak asing lagi dengan istilah e-learning, salah satu kemudahan yang didesain untuk mempermudah proses pembelajaran terjadi di masa covid-19. Hampir seluruh intitut pendidikan yang menyelenggarakan proses pembelajaran jarak jauh atau daring menggunakan e-learning sebagai media dalam proses pembelajaran. Biasanya e-learning di desain dengan memiliki kolom diskusi, absen, materi, dan menu untuk pengumpulan tugas. Setiap siswa dapat mengakses media ini dengan kata kunci yang diberikan oleh guru setiap mata pelajaran.

Vidio Assisted Learning

Pembelajaran dengan menggunakan video sebagai media untuk menyampaikan informasi terkait dengan materi pembelajaran adalah salah satu hal yang efektif dilakukan, dengan menggunakan video  materi pembelajaran dapat di desain menjadi lebih menarik karena ada tampilan visual dan suara yang dapat di dilihat dan di dengar oleh peserta didik.

Gamification

Merupakan media pembelajaran yang didesain menyerupai game, dimana peserta didik dapat bermain sambil belajar. Biasanya media ini sangat disukai peserta didik karena dapat membuat suasana belajar menjadi seru dan tidak monoton. Selain itu gamification juga dapat dirancang sesuai dengan materi pembelajaran serta kebutuhan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Namun pada kebanyakan tentu media ini memiliki kekurangan, tidak semua mata pelajaran dapat di implementasikan pada gamification. Contoh yang dapat dirujukan dari gamification seperti Quizizz, Kahoot, Wordwall, Educandy, dan lain sebagainya.

Social Media In Learning

Tidak jarang sosial media dimanfaatkan dalam proses pembelajaran terlebih lagi pada saat pembelajaran jarak jauh dilakukan beberapa waktu lalu, media sosial seperti youtube, instagram kerap menjadi media dalam pengumpulan tugas yang diberikan oleh guru dalam proses pembelajaran.

Selain beberapa yang telah dijelaskan diatas, masih banyak kecapakan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran guna menciptakan metode atau suasana belajar yang efektif dan menyenangkan. Dengan kemudahan yang tersedia saat ini teknologi dapat menjadi rujukan dalam menyampaikan materi kepada peserta didik.

Menggunakan teknologi demi mencapai proses pembelajaran yang efektif adalah salah satu solusi agar proses pembelajaran tidak monoton dan peserta didik lebih tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, untuk itu para pendidik dituntut agar dapat belajar dan menguasai teknologi yang sedang berkembang di ranah pendidikan saat ini.

Post a Comment

0 Comments