Artikel

6/recent/ticker-posts

Profil Guru Berkarakter

 

Guru merupakan seorang yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, sangat berperan bagi kelangsungan pendidikan disebuah negara dengan cara memberikan dedikasi bagi siswa demi kecerdasan anak bangsa. Menurut undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen dikatakan bahwa guru merupakan seorang pendidik professional yang bertugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik mulai dari usia dini hingga ke jenjangan pendidikan menengah.

Dengan demikian seorang guru memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan peserta didik baik pendidikan formal maupun non formal, seorang guru yang professional pastinya harus memiliki profil gur berkarakter. Profil guru berkarakter dapat menciptakan pemimpin pembelajaran yang dapat mewujudkan merdeka belajar sesuai dengan kurikulum yang saat ini digunakan dengan tujuan pembenatukan karakter Profil Pelajar Pancasila. Ada beberapa karakter yang harus dimiliki seorang guru antara lain sebagai berikut :

Menjadi Guru Yang Mandiri, Dan Reflektif

Seorang guru dituntut untuk mandiri serta reflektif dalam proses pembelajaran, hal ini dapat berdampak pada keberhasilan guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran, guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, kreatif, serta inovatif yang dapat memberikan dampak kepada perubahan peserta didik di kelas. Selain itu guru juga harus mampu melakukan refleksi setelah melakukan proses pembelajaran sebagai penguatan kepada peserta didik.

Berpihak Pada Peserta Didik

Dalam proses pembelajaran guru juga harus berpihak pada peserta didik, guru harus dapat mengetahui situasi serta kondisi peserta didik. Perlu diketahui bahwasanya kondisi kecerdasan serta kemampuan peserta didik berbeda-beda. Untuk itu guru harus bisa mengenali peserta didiknya di kelas agar dapat menyesuaikan kebutuhan dalam proses pembelajaran.

Memiliki Manajemen Pembelajaran Yang Baik

Salah satu fkator yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran adalah manajemen pembelajaran oleh guru pada peserta didik, dengan adanya manajemen yang baik maka tujuan serta ketercapaian proses pembelajaran dapat terukur dengan baik. Guru dapat menilai dan mengetahui apa saja yang telah tercapai dan apasaja yang belum tercapai dengan demikian guru dapat mengevaluasi yang belum tercapai dari tujuan dan proses pembelajaran yang telah ditetapkan.

Melakukan Inovasi Dan Kolaborasi Dalam Pengembangan Pembelajaran

Inovasi sangat diperlukan dalam menyusun strategi pembelajaran, suasana belajar yang menyenangkan tidak terlepas dari inovasi yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran. Serta kolaborasi dalam pengembangan pembelajaran bertujuan untuk mengasah kemampuan peserta didik dalam segi berpikir kreatif, mengasah kemampuan serta kecerdasan.

Berperilaku Sesuai Kode Etik

Guru merupakan seseorang yang digugu dan ditiru oleh peserta didik maupun masyarakat, berperilaku sesuai dengan kode etik merupakan hal yang sangat wajib ditaati oleh seorang guru agar dapat memberi contoh kepada peserta didik.

Profil guru berkarakter merupakan gagasan yang muncul pada program guru penggerak pada kurikulum merdeka belajar, namun pada dasarnya seorang guru harus memenuhi standart kompetensi seorang guru dan harus memiliki karakter yang baik.

 


Post a Comment

0 Comments