Anak
sebagai peserta didik mempunyai perbedaan dalam belajar, diantara mereka ada
yang senang membaca, ada yang senang berdiskusi, dan ada yang senang praktik langsung,
hal ini disebut gaya belajar (learning style). Rooijakkers (2003:13)
mengemukakan bilamana pengajar tidak mengetahui apa yang sebenarnya yang
terjadi dalam pikiran peserta didiknya untuk mengerti sesuatu, kiranya dia pun
tidak akan dapat memberi dorongan yang tepat kepada mereka yang sedang belajar.
Para murid akamn mudah melupakan pelajaran yang diterimanya, jika pengajar
tidak memberi penjelasan yang benar dan menyenangkan. Dalam pikiran peserta
didik tidak terjadi gerak proses belajar, kalau hal baru dalam materi pelajaran
itu disajikan secara tidak jelas. Dengan demikian belajar akan menghasilkan
perubahan perilaku peserta didik yang relatif permanen ( Johnson, 2007 : 18)
Jika
guru dalam pembelajaran menggunakan pendekatan Pembelajaran Akti, Kreatif,
efektif dan Menyenangkan (PAKEM) berarti guru menggunakan strategi pembelajaran
terpadu menggunakan strategi, metode, pendekatan dan teknik pengajaran baik
prosedur maupun tujuan pembelajaran.
PAKEM
dikembangkan atas trend pembelajaran dimana :
a)
Peserta didik
menjadik aktif dan kreatif;
b)
Guru sebagai
fasilitator dan inspirator;
c)
Penerapan azas
fleksibilitas;
d)
Persiapan guru
matang dan rinci;
e)
Multi interaksi;
f)
Latihan dan
tugas lebih intensif;
g)
Sumber belajar
bermacam-macam; dan
h)
Sudah
memanfaatkan alat bantu.
Trend pendidik tampil
sebagai sutradara, penyusunan scenario, actor dan pengendali pembelajaran yang
handal mengacu pada pencapaian kompetensi peserta didik sesuai mata ajar dan
memenuhi visi serta misi sekolah tempatnya mengajar.
Cara yang dilakukan pendidik dalam menerapkan PAKEM maka,
pesyaratan yang harus dipenuhi adalah :
a.
Guru bertindak
sebagai fasilitator, pembimbing, konsultan dan kawan belajar;
b.
Belajar
diarahkan oleh peserta didik dan belajar secara terbuka, ketat dengan waktu
yang terbatas, fleksibel sesuai keperluan;
c.
Berdasarkan
proyek dan masalah;
d.
Dunia nyata, dan
refleksi prinsip dan survei;
e.
Perancangan,
penyelidikan, penemuan dan penciptaan hasil yang terbuka;
f.
Colaboratif dan
berfokus pada masyarakat;
g.
Keanekaragaman
yang kreatif
h.
Menggunakan
komputer dan interaksi multi media pembelajaran yang dinamis sebagai peralatan
semua jenis belajar
i.
Komunikasi tidak
terbatas ke seluruh dunia; dan
j.
Memanfaatkan
pakar, penasehat, kawan sebaya dan diri sendiri untuk menilai unjuk kerja.
Persyaratan
ini penting untuk menjamin tindakan yang diambil oleh pendidik adalah tindakan
yang terukur dan profesional.
1 Comments
BAGUS SANGAT BERMANFAAT UNTUK PENDIDIK
ReplyDelete