Artikel

6/recent/ticker-posts

Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kecerdasan Anak

 


Tahukah kamu faktor genetik atau keturunan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan pada anak, untuk itu menjadi cerdas merupakan salah satu investasi untuk generasi bangsa di kedepannya. Pada umumnya faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan pada anak dibagi menjadi dua yakni faktor internal dan eksternal. Faktor genetik merupakan bagian dari faktor internal yang dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan anak. Adapun beberapa faktor antara lain sebagai berikut :

Faktor Internal

Faktor genetik merupakan faktor yang digolongkan kepada faktor internal yang dapat mempengaruhi kecerdasan seseorang, dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan ditemukan bahwasanya faktor genetik berperan sebesar 30 sampai dengan 75 persen dalam mempengaruhi tingkat kecerdasan pada anak. Selebihnya kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh faktor lingkungan disekitarnya.

Namun nyatanya peran atau pengaruh orang tua dalam mendidik anak dari kandungan hingga remaja merupakan salah satu yang sangat mempengaruhi kecerdasan anak, untuk itu anak yang cerdas tidak terlepas dari peran orang tua yang cerdas pula.

Faktor Eksternal

Banyak faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kecerdasan anak salah satunya adalah faktor lingkungan, lingkungan sangat mempengaruhi kerja otak pada anak. Mulai dari balita hingga remaja, dimulai dari lingkungan rumah, sekolah hingga masyarakat. Anak yang berada pada lingkungan yang kondusif, fasilitas yang baik dan memadai serta berada pada lingkungan yang berpendidikan cenderung akan mengikuti lingkungan tersebut. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan anak yang tinggal di lingkungan yang fasilitas pendidikan yang terbatas memiliki potensi kecerdasan yang tidak berkembang.

Selain faktor lingkungan, asupan anak juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan pada anak. Asupan atau nutrisi memiliki peran penting bagi perkembangan otak anak, hal itu menyebabkan pentingnya orang tua memperhatikan asupan, nutrisi serta gizi anak.

Kebiasaan atau pola belajar pada anak juga mempengaruhi tingkat kecerdasan anak, perlu diketahui bahwasanya setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda. Daya ingat serta daya tangkap anak pada suatu hal juga berbeda, untuk itu para orang tua atau pendidik harus memahami metode apa yang cocok digunakan untuk gaya belajar pada anak.

Dan stimulasi yang diberikan orang tua pada anak baik dalam hal pendidikan maupun non pendidikan juga dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan anak, stimulasi yang dapat diberikan biasanya dapat berupa aktivitas-aktivitas yang dapat merangsang daya ingat, daya berfikir, atau kemampuan kognitif pada anak.

Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak, mulai dari faktor genetik hingga faktor lingkungan. Namun orang tua yang cerdas menjadi faktor utama dalam mencetak generasi yang cerdas dan berakhlak.

 

Post a Comment

0 Comments