Artikel

6/recent/ticker-posts

Penerapan Ilmu Matematika di Kehidupan Sehari-hari!

 


Siapa yang tidak tahu istilalah matematika, ilmu dasar yang telah dipelajari sedari seseorang memasuki usia 4 sampai 5 tahun ini merupakan salah satu ilmu dasar yang ternyata juga berperan sangat penting di kehidupan sehari-hari.

Matematika merupakan salah satu bidang ilmu yang didalamnya mencakup topic-topik seperti bilangan, penjumlahan, rumus, perhitungan, bangun dan ruang. Bahkan selain hal tersebut matematika merupakan ilmu yang memiliki cakupan yang sangat besar, ilmu matematika selalu digunakan dalam penelitian, penerapan, hingga rancangan untuk menjadikan suatu hal agar dapat terwujud. Selain itu matematika adalah bidang yang mengkaji nilai pasti.

Menurut beberapa para ahli seperti Johnson dan Rising berpendapat bahwasanya matematika merupakan pola pikir, oragnisasi, pembuktian yang nyata, jelas dan akurat. Selain itu menurut Kline matematika merupakan bidang ilmu yang berfungsi untuk membantu manusia dalam memahami serta mengusai lingkungan sosial, kegiatan ekonomi, dan alam semesta.

Jika dikaji Ilmu matematika sangat kompleks, sehingga dapat berfungsi dalam kehidupan sehari-hari bahkan dalam kegiatan sederhana seperti transaksi jual beli di pasar, pedagang dan pembeli pasti menerapkan ilmu matematika di dalamnya. Ada beberapa fungsi dari penerapan ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut :

Matematika Dapat Mengasah Kemampuan Berpikir

Sesuai dengan pendapat Johnson dan Rising bahsanya matematika merupakan salah satu pola berpikir, matematika diciptakan untuk mengasah pola pikir manusia dalam menyelesaikan suatu hal bahkan dalam likngkup yang sangat sederhana. Matematika identic dengan perhitungan yang memiliki tingkat kesukaran yang berbeda, maka dari itu setiap kegiatan yang berkaitan dengan hitung-hitungan pasti akan mengasah kemampuan berpikir seseorang. Seperti contoh ketika seseorang membelanjakan sebagian uangnya untuk keperluan rumah tangga pasti harus melewati kasir untuk melakukan perhitungan total belanjaan dan pembeli harus mengeluarkan sejumlah uang sesuai dengan barang yang diambil.

Hal sederhana lainnya yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah seseorang dapat dengan mudah memahami pendapatan dan pengeluaran dengan adanya ilmu matematika. Dengan adanya pengetahuan dan penerapan ilmu matematika yang baik, seseorang dapat dengan baik meminimalisir resiko keuangan yang ada, seperti pemborosan dan sebagainya.

Matematika merupakan ilmu yang paling sering digunakan oleh semua orang, kapanpun dan dimanapun berada, sesuai dengan kubutuhan setiap orang pasti pernah menerapkan ilmu matematika dalam hidupnya bahkan matematika adalah suatu hal yang tidak pernah terlepas dari kehidupan masyarakat.

Salah Satu Tonggak Berdirinya Suatu Bisnis

Suatu bisnis berdiri bukan karena sebuah kebetulan, tetapi dengan suatu perencanaan yang matang. Mulai dari menghitung besaram modal yang dibutuhkan untuk mendirikan suatu bisnis hingga taksiran persentase dalam pengelolaan laba serta kerugian yang ada, itu semua direncanakan dengan menggunakan ilmu matematika.

Matematika merupakan salah satu ilmu yang mendasari sebuah bisnis, bahkan bisnis terkecil sekalipun menggunakan rumus atau rumus perkalian, penjumlahan, pembagian semuanya dapat diterapkan dalam mengelola bisnis yang ada. Seorang pemilik usaha dapat dengan mudah mengetahui perencanaan dan hasil dengan jelas.

Mengetahui Alam Semesta Melalui Matematika

Ilmu matematika juga merupakan ilmu sains atau pasti, matematika merupakan dasar ilmu yang digunakan untuk mengembangkan bidang ilmu lainnya seperti kimia, fisika, meteologi, dan sebagainya. matematika merupakan ilmu dasar yang harus dimiliki oleh para ilmuan dalam mempelajari alam semesta, matematika merupakan ilmu pasti yang dapat memperhitungan luas, volume, tekanan, ruang, dan lain-lain.

Untuk itu matematika merupakan ilmu yang sangat penting dalam mempelajari alam semesta, saat ini orang-orang dapat dengan mudah mengetahu dan memperlajari dari berbabgi sumber informasi apa saja yang ada di alam semester, seberapa luas sebuah kota, seberapa dalam sebuah danau, seberapa tinggi gunung di pulau A dan B seterusnya, karena adanya penerapan ilmu matematika didalam mempelajari hal tersebut.  

Dengan kata lain matematika merupakan dasar pokok ilmu yang ada, untuk dapat mempelajari suatu hal dari hal yang paling sederhana hingga hal yang paling sulit untuk dipecahkan.

Untuk itu mengapa ilmu matematika sudah dipelajari sedini mungkin karena sesuatu hal dala kehidupan memerlukan ilmu matematika.

Post a Comment

0 Comments