Artikel

6/recent/ticker-posts

Cara Cerdas Belajar Matematika dengan Puzzle Angka

Cara cerdas belajar matematika dengan puzzle angka ini ada untuk bisa menjadi sarana pembelajaran sederhana bagi anak-anak. Memaksa membuka buku dan mengerjakan soal seperti perkalian hanya akan menambah jenuh. 

Anak seringkali hilang fokus pada hal yang lebih menarik dari pada matematika. Itu karena suasana monoton dan pengajar, atau orang tua tidak bisa menghilang kesan rumitnya.

Melihat dari sisi luasnya, menggunakan puzzle angka dapat menjadi solusi tepat. Selain belajar menghitung, anak juga akan disuguhkan dengan berbagai variasi bentuk dan warna.

 

Cara Cerdas Belajar Matematika dengan Puzzle Angka

Puzzle adalah sebuah permainan dengan dasar melepas dan memasang. Mencocokkan sesuai bentuk atau bahkan harus mencari suatu hasil yang sudah ditentukan. Permainan ini memiliki beragam variasi yang edukatif dan sudah ada sejak abad ke-18. Puzzle angka hanyalah salah satu contoh dari sejenisnya.

Puzzle angka dibuat dengan sangat sederhana. Kebanyakan secara manual, namun tidak jarang kini juga menggunakan kecanggihan gadget sehingga dapat memainkannya pada smartphone melalui aplikasi tertentu. 

Cara yang cerdas belajar matematika dengan puzzle angka ini biasanya, sudah memiliki bidang papan yang membentuk beberapa kelompok angka. Anak dibimbing untuk bisa menutupi semua bentuk ketika melepas pasangannya.

Lalu variasi lain, anak bisa langsung belajar dasar perkalian, pengurangan, pembagian, dan pertambahan. Sebuah sistem praktis tanpa harus mencari atau membeli buku. 

Akan ada soal mudah, semisal 2x2, maka anak hanya harus melengkapi bentuk tersebut dan mengisi jawaban yang sudah ada, yaitu 4.

Selain anak akan semakin baik dalam perhitungan, ini juga bermanfaat untuk kecerdasan seputarnya. Seperti melatih memori, di mana anak mengingat apa saja tantangan puzzle angka yang sudah berhasil diselesaikannya.

Mengasah keterampilan motorik halus juga masuk ke dalam cara cerdas belajar matematika dengan puzzle angka ini. Melatih keterampilan dasar untuk beraktivitas tiap harinya.

Ada banyak cara untuk bisa tertarik dalam mempelajari matematika. Sedikit demi sedikit membuang rasa bosan dengan mencari alternatif lainnya seperti sebuah permainan puzzle angka dapat membantu. 

Bagi anak yang fokusnya mudah teralihkan, melihat variasi cerah warna angka pada puzzle, atau adanya perasaan tertantang untuk dapat menyesaikannya akan meningkatkan minat bermainnya.

Tanpa sadar, anak sudah masuk ke dalam jebakan yang dikhususkan untuk melatih perkembangan menghitungnya. Cara cerdas belajar matematika sangat berguna memancing semangat si kecil.

 

 

 

Post a Comment

0 Comments