Artikel

6/recent/ticker-posts

Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Digitalisasi


Penerapan digitalisasi dirasa belum merata untuk diseluruh daerah di nusantara, digitalisasi merupakan salah satu kegiatan dengan penggunaan teknologi di segala aspek kehidupan salah satunya adalah pendidikan. Penerapan digitalisasi dalam segala aspek bertujuan untuk mengefesiensikan dan mengoptimalkan banyak hal, dalam pendidikan digitalisasi adalah salah satu cara yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan itu sendiri.

Digitalisasi dalam pendidikan mulai dikembangkan sejak covid-19, saat itu kegiatan pembelajaran harus tetap berjalan sehingga pemanfaatan teknologi digital dapat digunakan dalam proses pembelajaran walau harus melalui tatap maya, kegiatan pembelajaran disebut dengan kegiatan pembelajaran daring atau dalam jaringan. Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa melalui digitalisasi dapat meningkatkan kualitas pendidikan antara lain sebagai berikut :

Digitalisasi Dapat Menciptakan Suasana Yang Inovatif

Dengan digitalisasi guru atau pendidik dapat lebih bisa merancang media pembelajaran atau bahan ajar yang lebih kreatif dan inovatif. Saat ini perkembangan teknologi digital telah banyak menyediakan kemudahan bagi siapa saja dalam mernacang segala hal salah satunya adalah media pembelajaran seperti contoh guru dapat menggunakan program quizizz dan sebagainya untuk melatih siswa dalam menjawab soal. Namun penerapan teknologi dalam proses pembelajaran juga harus  menyesuaikan kondisi sekolah, siswa, dan lingkungan yang mendukung.

Digitalisasi Memudahkan Proses Perencanaan, Pelaksanaan, Serta Evaluasi Dalam Lingkup Pendidikan

Digitalisasi pada umumnya bertujuan untuk mengoptimalkan serta efesiensi dalam segala hal yang berkaitan, salah satunya dapat memudahkan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam proses pelaksanaan pendidikan. Dimulai dari perencanaan, setiap instansi yang terlibat dalam proses pendidikan pasti memiliki perencanaan mulai dari instansi yang terkecil hingga pusat, segala sesuatu lebih mudah terukur jika data awal dapat diolah dengan baik di dalam proses pelaksanaan. Dalam proses pelaksanaan banyak hal yang dapat mudah terlaksana dengan bantuan teknologi serta proses evaluasi yang yang dapat segera dinilai karena pemanfaatan teknologi. Pemanfaatan teknologi diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan serta memberi kemudahan bagi pelaksana sistem pendidikan.

Bersaing Sacara Global Dalam Lingkup Pendidikan

Saat ini secara global penggunaan teknologi atau penerapan digitalisasi sudah bukan hal yang jarang ditemukan di negara-negara maju, bahkan penggunaan teknologi merupakan hal yang tidak akan terlepas dari segala kegiatan masyarakat di negara tersebut. Untuk itu dengan optimalisasi pemanfaatan digitalisasi dalam pendidikan diharapkan akan membawa pendidikan di Indonesia maju dan dapat selalu bersaing secara global. Untuk pengoptimalan penggunaan teknologi digital tentu harus di dukung dengan segala aspek yang berkaitan, mulai dari pemerintah hingga masyarakat, sehingga penerapan dan pelaksaan dapat sesuai dengan apa yang telah dirancang demi pendidikan yang lebih maju.

Banyak lagi yang dapat menjadi alasan mengapa teknologi digital dapat meningkatkan kualaitas pendidikan di Indonesia, sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta kebijakan pemerintah pendidikan dapat berkualitas dengan digitalisasi. 

Post a Comment

0 Comments