Artikel

6/recent/ticker-posts

5 Strategi Dalam Menguasai Matematika

 


Matematika merupakan satu bidang ilmu yang wajib dipelajari oleh setiap orang, matematika juga diketahui merupakan salah satu ilmu yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Matematika merupakan ilmu yang didalamnya mempelajari sifat bentuk, susunan, algoritma, serta konsep yang saling berhubungan dengan jumlah yang dapat diketahui dan terbagi menjadi tiga bidang yakni aljabar, analisis, dan geometri. Selain itu matematika merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang angka, bilangan, rumus, ruang, besaran serta perubahan yang ada.

Pada umumnya matematika tidak hanya dipelajari karena keperluan dalam suatu bidang ilmu tertentu melainkan matematika sebuah ilmu yang harus dapat dikuasai oleh setiap orang karena memiliki hubungan yang erat dengan aktivitas manusia dalam keseharian. Matematika sangat diperlukan dengan tujuan untuk melatih keterampilan kerja otak serta berfungsi untuk menganalisis serta menyelesaikan masalah karena matematika memiliki pola dan struktur yang sistematis.

Pada sebagian orang ilmu matematika merupakan sesuatu hal yang tidak mudah atau dengan kata lain matematika memiliki tingkat kesulitan yang terkadang tidak dapat diselesaikan oleh setiap orang, dengan hal tersebut tidak semua orang suka untuk mempelajari matematika, namun bagaimanapun dalam kehidupan sehari-hari seseorang masih membutuhkan penerapan matematika. Ada beberapa strategi yang dapat diterapkan agar seseorang dapat dengan mudah untuk menguasai ilmu matematika antara lain sebagai berikut :

Menemukan Sumber Belajar Yang Tepat

Untuk menguasai suatu hal atau bidang ilmu tertentu tidaklah sulit jika menemukan sumber belajar yang tepat, maka dengan mudah dan dengan ketekunan seseorang dapat memahami materi atau pelajaran yang sedang diminati. Sumber belajar dapat berupa buku yang sesuai dengan hal yang sedang dipelajari, website, jurnal, video pembelajaran, atau dapat dengan guru yang mengampu bidang yang sedang dipelajari. Dengan menemukan sumber yang tepat diharapkan seseorang dapat dengan mudah menguasai ilmu matematika.

Kelompok Belajar

Matematika merupakan bidang ilmu yang memiliki tingkat kesukaran yang berbeda disetiap materinya, kelompok belajar dapat menjadi strategi dalam memecahkan persoalan matematika. Saat ini kelompok belajar tidak hanya dapat dibentuk secara offline atau melakukan pertemuan secara tatap muka, saat ini kelompok belajar dapat dengan mudah ditemui di sosial media dan dapat dilakukan secara online kapanpun dan dimanapun berada. Dengan kelompok belajar belajar matematika jauh lebih asyik, dalam kelompok seseorang dapat dengan mudah bertukar informasi, pemikiran serat solusi dari pemecahan soal matematika.

Berlatih Mencari Soal dan Solusi

Tidak bisa dipungkiri, untuk dapat menguasai suatu bidang ilmu tertentu pastinya seseorang harus giat dan tekun berlatih. Salah satunya dalam menyelesaikan soal atau materi matematika, bidang ilmu yang satu ini terkenal dengan bilangan, salah satu cara yang tepat untuk menguasai matematika adalah berlatih mencari soal dan solusi. Dengan begitu sistem kerja otak akan terus dilatih agar dapat mengingat dan menguasai materi-materi matematika tersebut. Saat ini dengan adanya kemudahan akses internet banyak tersedia soal berikut dengan pemecahan kasus yang dapat dipelajari dengan mudah. Selain itu telah banyak video tutorial yang dapat dimanfaatkan untuk berlatih soal beserta penyelesaian soal nya.

Memahami Konsep Dasar Terlebih Dahulu

Matematika dikenal dengan konsep dasar seperti operasi hitung, bilangan, pecahan, serta geometri. Beberapa konsep memiliki alur yang berbeda dalam tahap penyelesainnya, untuk itu sebelum lebih jauh mempelajarinya alangkah lebih baik terlebih dahulu untuk memahami konsep dasar dari materi-materi tersebut. Dengan demikian akan lebih mudah dalam menguasai dan menyelesaikan soal-soal tersebut. Salah satu cara agar lebih memahami konsep adalah dengan membuat catatan rumus matematika semenarik mungkin agar mudah di ingat dan dipahami, memahami konsep merupakan hal yang mendasar ketika belajar matematika.

Menerapkan Mindset Bahwa Matematika Tidak Sulit dan Menyenangkan

Segala sesuatu yang menyenangkan akan mudah diingat salah satunya adalah dalam hal belajar, matematika bukan sesuatu hal yang rumit jika dipelajari dan ditekuni. Saat ini perkembangan teknologi sudah dapat dimanfaatkan untuk dengan mudah dan senang belajar matematika, banyak teknik, media yang dapat dimanfaatkan agar mudah menguasai matematika.

Banyak cara yang dapat diterapkan untuk dapat menguasai matematika, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan seseorang, yang terpenting memiliki niat serta ketekunan dalam berlatih dalm memecahkan soal-soal yang berkaitan dengan matematika.

Post a Comment

0 Comments