Artikel

6/recent/ticker-posts

Tips Ampuh Meningkatkan Motivasi Dalam Menyelesaikan Skrispi

 


Skripsi merupakan salah satu tugas akhir mahasiswa yang harus diselesaikan untuk memperoleh gelar sarjana, dalam banyak kasus banyak mahasiswa yang mengalami kendala dalam menyelesaikan sripsi mulai dari sulitnya menentukan topic penelitian, dosen pembimbing yang sulit ditemui, dan bahan rujukan yang sedikit ditemukan untuk mendukung penelitian dari skripsi tersebut hal ini sering menjadi penyebab hilangnya semangat serta motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Ada beberapa tips yang dapat ditempuh untuk meningkatkan motivasi dalam menyelesaikan skripsi antara lain sebagai berikut :

Menjadwalkan Waktu serta Istirahat Dengan Baik

Banyak mahasiswa yang keliru dalam mengerjakan skripsi salah satuny adalah masalah waktu, sebaiknya dalam mengerjakan sesuatu termasuk dalam mengerjakan skripsi harus menetapkan terlebih dahulu tempo waktu yang diperlukan dalam menulis skripsi, mengumpulkan data dan bahan rujukan, bimbingan dan lain sebagainya, sehingga waktu dalam pengerjaan skripsi dapat ditentukan dan mahasiswa dapat tamat dengan tepat waktu tidak melewati batas akademik yang telah ditentukan.

Selain itu memebri ruang untuk beristirahat meruapakn hal yang penting untu tetap menjaga semangat serta kesehatan dalam mengerjakan skripsi maupun segala aktivitas yang ada, ketika tubuh merasa fit dapat berpengaruh terhadap progress dari pengerjaan skripsi.

Memiliki Support System

Memiliki support system penting bagi setiap orang, salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan motivasi dalam melakukan segala sesuatu bahkan untuk melawati hal yang sulit sekalipun. Contoh seperti orang tua, sahabat atau kerabat lainnya, masukan, semangat serta motivasi dari mereka dapat berpengaruh terhadap motivasi yang dimiliki. Support system bukan hanya orang-orang terdekat namun segal sesuatu yang bersifat dapat memotivasi dengan kuat untuk menyelesaikan suatu hal merupakan bagian dari support system, dengan adanya support system diharapkan seseorang dapat bertambah semangat.

Tetapkan Tujuan Setelah Selesai Skripsi

Setiap mahasiswa pastinya memiliki rencana atau tujuan setelah menyelesaikan studinya, misalnya ingin bekerja di kantor ternama, ikut seleksi penerimaan beasiswa magister ke luar negeri, dan lain sebagainya, pastinya keinginan-keinginan tersebut dapat memotivasi seseorang dalam menyelsaikan hal yang sebelumnya harus diselesaikan salah satu skripsi. Untuk itu sangat diperlukan adanya tujuan setelah menyelasaikan tugas akhir tersebut.

Jangan Mau Ketinggalan

Memiliki motivasi agar tidak ketinggal dengan teman seangkatan merupakan hal yang positif jika dijadikan motivasi agar sama-sama dapat menyelesaikan tugas akhir atau skripsi, namun bagi sebagian orang perasaan ini kerap menimbulkan hal negative seperti stress dan semacamnya. Seseorang pasti lebih dapat mengetahui kemampuannya, termasuk dalam menyelsaikan tugas-tugasnya karna setiap orang memiliki cara masing-masing untuk bisa mencapai apa yang menjadi capaiannya.


Post a Comment

0 Comments