Artikel

6/recent/ticker-posts

Tips dan Trik Cara Cepat Menulis Skripsi!

 


Jika kamu merupakan salah satu mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir atau skripsi semoga tips dan trik ini bermanfaat, saat ini salah satu permasalahan yang sering dialami mahasiswa semester akhir adalah sulitnya memahami penelitian dan mengatur waktu dalam menyelesaikan tulisan skripsinya sehingga waktu yang diperlukan cukup panjang dan dapat menunda kelulusan mahasiswa tersebut. Ada beberapa hal yang dapat diperhatikan mahasiswa agar cepat dalam menyelesaikan skripsinya antara lain sebagai berikut :

Pahami Alur Penelitian

Mahasiswa sering terjebak pada alur penelitian yang dia pilih sebagai topik dalam menyelesaikan skripsinya, seharusnya sebelum menentukan permasalahan penelitian yang ingin diangkat dalam judul skripsi, mahasiswa tersebut sudah harus memahami alur penelitian tersebut. Mulai dari akar permasalahan, mengapa topik tersebut perlu diteliti, ketersediaan sumber referensi yang mendukung penelitian tersebut jugalah harus diperhatikan agar memudahkan kamu dalam menemukan teori dan penelitian sebelumnya. Dan gambaran apa yang ingin kamu dapatkan dari hasil penelitian tersebut sehingga mudah bagi kamu untuk menyusun timeline pengerjaan skripsi.

1 hari 1 lembar

Tips ini sangat bermanfaat buat kamu yang memiliki kesibukan tidak hanya kesibukan kuliah tetapi kesibukan diluar perkuliahan, dengan mencicil tulisan 1 hari 1 lembar dalam 30 hari bisa saja kamu dapat menyelesaikan 30 lembar tulisan alias bisa sampai bab 3. Hal yang kita perlukan adalah mindset bahwa waktu yang kita perlukan dalam menulis skripsi tidaklah lama asalkan kita menyisihkan  persekian waktu yang kita miliki untuk fokus menulis skripsi.

Kumpulkan Referensi Yang Berkaitan Dengan Penelitian sebanyak banyaknya

Salah satu yang kamu butuhkan dalam menulis skripsi adalah sumber referensi yang sesuai dengan penelitian, maka dengan itu kamu bisa men-download sebanyak-banyaknya sumber referensi seperti jurnal ilmiah yang sesuai deng topik penelitian. Jurnal-jurnal tersebut dikumpulkan dalam satu file dan setiap jurnalnya bisa kamu beri tanda perparagraf sesuai dengan penguatan teori yang kamu butuhkan.

Rajin Bimbingan

Hal ini menjadi salah satu kunci cepat dalam menyelesaikan skripsi, dengan menjalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing maka dapat memudahkan kamu untuk bimbingan. Sebagian besar hal yang sering dialami mahasiswa adalah karena takut untuk menghubungi dosen, dosen yang tidak selalu respon, bahkan ada dosen yang sulit untuk ditemui. Jangan takut untuk terus mencoba karna berhadapan dengan dosen pembimbing adalah hal yang harus kamu lalui dalam tahap menyelesaikan tugas akhirmu.

Cermat Mengatur Waktu

Kendala yang sering dialami oleh mahasiswa adalah kurang cermat dalam memprioritaskan suatu hal, cermat mengatur waktu sangat diperlukan dalam tahap menyelesaikan skripsi. Mahasiswa harus mengetahui apa yang harus menjadi prioritas dalam hidupnya, baik yang berkaitan dengan perkulihannya maupun diluar dari perkuliahannya.

Jangan Pernah Takut mencoba dan gagal

Jika tulisan dalam skripsimu sering dicoret-coret oleh dosen pembimbing, percayalah hal itu dilakukan agar penelitian dan tulisan skripsi yang akan menjadi karya tulismu akan menjadi karya yang berkualitas. Jangan takut mencoba untuk terus menjadi lebih baik dalam menulis skripsi.


Post a Comment

0 Comments