Artikel

6/recent/ticker-posts

Tuai Segudang Manfaat Dari Aktif Berorganisasi

 


Organisasi merupakan sebuah perkumpulan yang terdiri dari dua atau lebih dengan tujuan yang akan dicapai secara bersama-sama. Dengan makna lain organisasi juga dapat diartikan sebagai sebuah wadah bagi sekelompok orang yang bekerja secara terstruktur sesuai dengan tupoksi nya masing-masing untuk mewujudkan tujuan dari organisasi tersebut.

Tahukah kamu bahwa aktig berorganisasi dapat menuai banyak manfaat? Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari aktif beroganisasi antara lain sebagai berikut :

Melatih Leadership

Melatih leadership atau melatih jiwa kepemimpinan merupakan salah satu manfaat yang sangat berdampak bagi seseorang ketika bergabung pada sebuah organisasi. mengapa tidak, dalam organisasi terdapat tugas serat fungsi yang harus dijalankan oleh masing-masing anggota, dalam berorganisasi setiap anggotanya memiliki kesempatan dan diberi kebebasan dalam berpendapat, mengasah kemampuan diri dengan menjadi bagian terpebting dalam organisasi, dan pastinya organisasi merupakan wadah yang dapat digunakan oleh semua orang untuk mengasah softskill.

Memperluas Jaringan

Salah satu menfaat yang dapat dirasakan adalah seseorang yang bergabung dalam suatu organisasi akan memiliki banyak teman, dari berbagai kalangan, usia, serta profesi yang beragam banyakanya. Hal ini dapat menjadi pintu untuk siapaun dalam memperluas jaringan dan relasi.

Membentuk Pola Pikir Yang Lebih Baik

Tidak semua hal dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan, termasuk ketika bergabung dan menjalani organisasi yang di ikuti. Permasalahan, perbedaan pendapat, fakta, kegiatan, rintangan dan tantangan, serta kritikan dan masukan yang ada pada sebuah organisasi akan berdampak pada perkembangan cara berpikir pada setiap anggota yang ada. Hal ini diharapakan dapat membentuk pola pikir yang lebih baik, cermat, kreatif, serta lebih luas kedepannya.

Mengasah Kemampuan Sosial

Dalam berorganisasi tentunya banyak dijumpai sekelompok orang, dimana hal ini dapat mengasah kemampuan sosial pada seseorang. Selain itu lingkungan sosial yang harus dihadapi belum tentu sesuai dengan apa yang diinginkan, ada hal-hal yang bisa saja terjadi. Berinteraksi dengan lingkungan sosial diharapkan akan meningkatkan kemampuan seseorang dalam menghadapi tekanan serta menambah wawasan serta pengalaman yang langsung ada pada lingkungan sekitar.

Meningkatkan Softskill

Meningkatkan kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu manfaat dari bergabung pada sebuah organisasi, komunikasi merupakan salah satu hal yang terpenting di masa sekarang ini. Komunikasi dapat menjadi media dalam menyampaikan suatu hal, untuk itu sangat perlu bagi seseorang untuk melatih skill komunikasi dengan cara bergabung pada organisasi yang diminati tentunya.

Melatih Diri Untuk Menghadapi Dunia Kerja

Saat ini banyak lulusan yang berlomba-lomba menuliskan pengalaman berorganisasi saat melamar suatu pekerjaan, organisasi dianggap memiliki nilai lebih ketika ingin melamar pekerjaan. Seseorang yang sebelumnya pernah aktif dalam berorganisasi cenderung lebih mudah menyesuaikan diri pada lingkungan dan orang-orang baru disekitarnya.

Post a Comment

0 Comments