Artikel

6/recent/ticker-posts

Materi Matematika Dasar yang Keluar di Tes

Banyak orang belum menyadari apa itu materi matematika dasar yang akan keluar di berbagai tes, seperti SBMPTN atau tes sekolah kedinasan. Tahunya adalah mengerjakan berbagai soal termasuk salah satunya mempelajari tentang deret bilangan dan pola.

Salah satu kesalahan ketika mempelajari matematika dasar adalah hanya belajar rumusnya saja, sehingga ketika soal dibalik sedikit atau dimodifikasi sedikit, orang akan kesulitan mengerjakannya. Padahal apabila mampu memahami kuncinya, tidak akan kesulitan menyelesaikannya.

Kunci Keberhasilan Tes Adalah Paham Materi Matematika Dasar

Banyak orang mengabaikan mempelajari materi karena menganggap terlalu lama serta kurang praktis, karenanya berakhir dengan mempelajari rumus. Benar demikian adanya, tetapi dengan mempelajari materinya akan terbangun pemahaman mendalam tentangnya.

Salah satu manfaatnya adalah mampu mengidentifikasi permasalahan pada soal mengacu pada materi apa saja, sehingga bisa cepat mengingat rumus yang berkaitan tentangnya. Manfaat lainnya adalah tidak harus menghafalkan banyak rumus, hanya beberapa saja yang jadi kuncinya.

Berbagai materi sebenarnya sudah dipelajari ketika duduk di bangku SMP maupun SMA, sehingga sebenarnya secara dasar sudah memahami berbagai materi tersebut. Hanya saja soal – soalnya terkadang menjebak peserta ujian, sehingga terkesan lebih sulit, materinya meliputi :

  1. Persamaan kuadrat : permasalahan yang sering muncul adalah mencari akar – akar penyelesaian
  2. Fungsi komposisi dan invers : permasalahan yang sering muncul adalah mencari keterhubungan berbagai fungsi
  3. Baris dan deret : permasalahan yang sering muncul adalah melengkapi susunan baris dan deret, serta menghitung jumlahnya
  4. Eksponen  : mempelajari bagaimana sifat sadar eksponen serta menyederhanakan bentuk sesuai sifat dasarnya
  5. Pertidaksamaan : permasalahan yang sering diangkat adalah mencari daerah hasil sesuai dengan soalnya
  6. TPA : pada dasarnya membahas tentang pola, pelajari dan pahami berbagai bentuk atau pola yang muncul
  7. Statistika  : berkaitan dengan pengolahan data, biasanya tentang modus, mean, median
  8. Logaritma  : menyelesaikan berbagai bentuk persamaan logaritma sesuai dengan sifat dasarnya
  9. Fungsi kuadrat : berkaitan dengan membaca grafik atau membuat grafik
Apabila melihat berbagai materi tersebut tentu sudah sangat familiar sekali bagaimana cara serta proses mengerjakannya. Fokuslah pada materi matematika dasar yang kamu kuasai, kemudian perlahan pelajari materi lainnya. AA

Post a Comment

0 Comments