BISNIS
BERISIKO
Bagaimana
melakukannya?
1. Siapkan
satu set prompt atau pertanyaan yang harus dijawab siswa. Pertanyaan ini
sebaiknya disusun dalam urutan logis ,diberi huruf A,B,C,D... dibelakang ,dan
dibuat menjadi pak kartu secukupnya sehingga satu pak untuk tiap kelompok .
2. Siswa
bekerja dalam kelompok berenam. Tiap kelompok
duduk dimeja dengan pak kartunya
di tengah meja,muka di bawah ,dengan kartu A di atas . Mereka juga punya dadu.
Tiap orang memiliki nomor,1-6.
3. Kelompok
menentukan siapa mulai duhulu. Pemain pertama melempar dadu dan orang dengan
nomer yang ditunjukkan dadu mengambil kartu pertama dan merespons prompt atau
pertayaannya.
4. Pemain
kedua melempar dadu. Orang dengan angka yang keluar mengambil kartu B dan
memberi respons .... dan seterusnya berkrliling sampai kartunya habis. Kaerna
prompt atau pertanyaannya berkaitan,dan kaerena tidak seorang pun tahu siapa
berikutnya ,semua harus terus memperhatikan.
Aplikasinya
dalam matematika
·
Matematika :beberapa contoh dari teknik
matematika yang sama ,menghitung sudut misalnya.
Mengapa melakukannya
·
Sebagai
suatu kerja kelompok yang terstruktur, kegiatan ini melatih siswa dalam subjek
tersebut untuk disiplin dalam bergantian, mendengarkan dan tanggungjawab
kolektif.
·
Pengaruh
acak dari dadu menyenangkan dan umumnya memberi motivasi.
Variasi yang bisa dilakukan
·
Jika
jumlahnya tidak memungkinkan untuk kelompok berenam, buat kelompok yang lebih
kecil dengan angka dadu yang tidak terpakai.( jadi dalam kelompok berempat,
jika angka lima atau enam muncul, setiap orang mengambil napas lega dan pemain
itu melempar lagi.
·
Dapat
dipakai sebagai aktivitas seluruh kelas dengan tiap orang duduk berkeliling
melingkar dan satu pak kartu besar ditengah. Sebuah dadu di atas talam
dikelilingkan, ketika seorang melemparkan angka enam, dia selanjutnya. Untuk
hasil yang baik, orang yang ditengah sebaiknya terus membacakan prompat atau
pertanyaan sampai angka enam berikutnya dilemparkan.
0 Comments