SAAT
SIRKUS
Bagaimana
melakukannya?
Rencana dasarnya adalah siswa bekerja melalui
serangkaian tugas dalam urutan apa pun dalam waktu tertentu.
1. Rancangan
sejumlah tugas yang sesuai dengan topik saat itu.Lebih disukai ,yang mencakup
berbagai style belajar dan berbeda dalam kecanggihan konseptual.
2. Tempatkan
tugas dilokasi- lokasi yang berbeda di seluruh ruang.Jika fasilitasnya
memungkinkan ,mereka dapat menonton video atau informasi tertentu (dengan Tv
yang menghadap sudut ruangan ), mendengaarkan kaset audio (dengan sebuah
‘listening centre’ dan banyak ‘handphone’)
, kegiatan dengan internet atau CD-ROM (dengan PC di kelas atau resource
Centre sekolah), dan kegiatan membaca, menulis, grafik dan fisik di letakkan
diatas meja. Jika fasilitas dan energi tidak memungkinkan melakukan semuanya,
maka dapat di berikan lebih sedikit tugas yang di gandakan. Kuncinya digandakan
adalah memiliki cukup alokasi untuk memastikan tidak ada satupun yang terlalu
ramai.
3. Jelaskan
tujuan kegiatan, dan penilaian dilakukan di akhir rangkaian. Penting bagi siswa
untuk dapat terfokus pada tujuan dan poin akhir selama sirkus.
4. Tujuan
chart dinding yang besar yang anda buat sebelumnya dimana semua tugas muncul
sebagai kolom dalam urutan acak (penting bahwa tugas tertulis acak dan tidak dalam
urutan tingkatan kesulitan) dan nama semua siswa muncul dalam semua baris.
Siswa juga diberi lembar catatan individu dengan semua tugas tertulis. Kemajuan
(progress) di catat di lembar publik dan juga pribadi. Tiap kali seorang siswa
menyampaikan tugas yang memuaskan guru, kedua lembar catatan di tandatangani
diberi tanggal.
5. Kemudian
ditentukan tantangan : misalnya, “mari kita lihat apakah semuanya dapat
berhasil dalam setidaknya lima dari delapan tugas dari tiga pelajaran kedepan”.
Penting untuk memberi kebebasan dalam jumlah tugas yang harus disampaikan untuk
meyakinkan perbedaan. Maka minimum 5, maksimum 8 (atau berapa jumlah yang tepat
untuk siswa anda). Anda mungkin menawarkan semacam pesta jika semua orang
sampai disana : misalnya, dalam bahasa modern makan pagi prancis lengkap dengan
crirssant dan cokelat panas (ini uang yang di keluarkan oleh anggaran
departement), atau dalam geografi berburu harta karun dengan peta dan kompas.
Menakjubkan bagaimana suatu insentif kecil dapat menstimulasi tekanan dan
dukungan peer group saat siswa saling mendorong untuk melengkapi jumlah minimum
dari tugas.
6. Siswa
memulai mengerjjakan dalam urutan yang sesuai dengan mereka. Guru berkeliling
untuk memantau, berargumen dan mendukung. Dalam beberapa kasus siswa dapat
diarahkan petugas tertentu: contohnya siswa yang lebih pintar sebaiknya
ditantang untuk membuat tugas yang lebih sulit., dan sebaliknya. Dengan cara
ini, guru memastikan bahwa mereka masing-masing belajar dengan tepat secara
personal. Ketika seorang siswa selesai dengan tugasnya, guru harus mengesahkan
pekerjaannya dan memeriksa pemahaman siswa sebelum mereka diperbolehkan terus.
7. Beberapa
siswa mungkin merencanakan rute mereka, lainnya ikut arus. Tetapi mereka tidak
boleh memadati lokasi kerja,jadi diperlukan sedikit negoisasi.
8. Di
akhir waktu yang diberikan ,guru mengkonsolidasi hasil belajar ,dengan
memanfaatkan pengetahuan dan pemahaman yang dicapai siswa,dan penilaian
kesimpulan dilakukan terhadap tujuan belajar sebenarnya.
Aplikasi
dalam matematika
·
Subjek apa pun yang dapat dipelajari
,atau digabung,melalui sejumlah tugas
mandiri.
·
Tentukan pertanyaan ujian sebelumnya
sebagai tugas- sangat bagus untuk revisi dan melatih siswa-siswa dalam tekhnik
ujian. Pertanyaanya bahkan dapat mempunyai jawaban “ buruk” yang ditempel, yang
menggunakan contoh anonim dari tiruan ujian. Tujuannya adalah membahas kembali
jawaban sampai sempurna.
Mengapa melakukannya ?
·
Ini
merupakan contoh belajar mandiri terstruktur dan hal ini juga melatih siswa
dalam disiplin tertentu; mengatur waktu; menggunakan berbagai sumber; bekerja
dalam berbagai cara; berpindah tanpa rencana dari satu tugas ke tugas lainnya;
tetap mengerjakan tugas bahkan ketika guru tidak sedang melihat; membuat
pilihan.
·
Paling
bagus, siswa akan memiliki pengalaman berbagai model belajar. Ini akan memberi
mereka dan guru pandangan terhadap preferensi alami mereka.
·
Metode
ini sangat differentiated. Setiap orang diberi keberhasilan pada suatu level
yang memanjang, tetapi madih dalam jangkauan.
0 Comments