Aktivitas
belajar siswa tidak selamanya berlangsung wajar, kadang-kadang lancar dan kadang-kadang tidak, kadang-kadang cepat menangkap apa
yang dipelajari, kadang-kadang terasa sulit untuk dipahami. Dalam hal semangat
pun kadang-kadang tinggi dan kadang-kadang sulit untuk bias berkosentrasi dalam
belajar. Demikian kenyataan yang sering kita jumpai pada setiap siswa dalam
kehidupannya sehari-hari di dalam aktivitas belajar mengajar.
Setiap siswa
memang tidak ada yang sama, perbedaan individual inilah yang menyebabkan
perbedaan tingkah laku belajar dikalangan siswa, sehingga menyebabkan perbedaan
dalam prestasi belajar. Prestasi belajar merupakan hasil dari suatu proses yang
di dalamnya terdapat sejumlah faktor yang saling mempengaruhi, tinggi rendahnya
prestasi belajar siswa tergantung pada faktor-faktor tersebut.
Muhibbin Syah (2006: 144)
bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh setidaknya tiga factor, yaitu:
1. Faktor internal (faktor dari dalam siswa), yakni
keadaan/kondisi jasmani dan rohani siswa.
2. Faktor eksternal (faktor dari luar siswa), yakni kondisi
lingkungan di sekitar siswa.
3. Faktor pendekatan belajar (approach to learning), yakni jenis upaya belajar
siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan
kegiatan pembelajaran materi-materi pelajaran.
0 Comments