Artikel

6/recent/ticker-posts

Manfaat Musik Bagi Proses Belajar Anak

 


Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengasah kemampuan anak terutama dalam proses belajar, tidak hanya cara tetapi penggunaan media juga bisa berdampak pada tumbuh kembang anak, salah satunya adalah penggunaan audio atau musik yang dapat merangsang kecakapan anak dalam tumbuh kembang dan proses pembelajaran.

Audio atau musik merupakan salah satu unsur atau cabang seni yang terdiri dari beberapa unsur seperti melodi, harmoni, dan ritme selain itu musik atau audio membahas dan menetapkan berbagai suara ke dalam pola-pola yang dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia.

Tidak jarang musik digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak, sebab ada beberapa manfaat musik bagi perkembangan anak tertama dalam proses belajar. Adapaun manfaatnya antara lain sebagai berikut :

Meningkatkan Keterampilan Bahasa

Musik dapat digunakan pada anak sejak usia dini dengan tujuan untuk meningkatkan bahasa serta kosa kata pada anak. Anak lebih cenderung mudah mengingat ketika otak menerima rangsangan yang berulang dari suara atau musik. Tentunya musik harus berisikan sesuatu yang dapat menambah wawasan serta sesuai dengan usia anak tersebut agar belajar dengan musik menjadi lebih efektif.

Mengembangkan Keterampilan PadaAnak

Salah satu manfaat musik bagi anak dalam proses belajar adalah dapat mengmebangkan keterampilan pada anak, seperti keleluasaan berekspresi, berbicara, hal ini dapat melatih kemampuan motoric serta sensitivitas berbagai macam indra yang dimiliki.

Mencerdaskan Otak Dan Meningkatkan Kemampuan Akademis

Melalui musik yang terdiri dari harmoni, ritme dan lain sebagainya, musik berperan dalam meningkatkan memori otak atau daya ingat pada anak, hal ini disebabkan sel-sel otak pada anak lebih aktif bekerja. Dengan demikian musik memiliki manfaat yang baik bagi proses belajar pada anak dan meningkatkan kemampuan akademis pada anak. Selain itu setiap mendengarkan musik yang baru, otak membentuk struktur kecil baru berdasarkan apa yang telah di dengar, proses tersebut dapat membantu anak untuk membentuk cara berpikir yang baru.

Dengan demikian musik dapat dimanfaatkan di dalam proses belajar anak mulai sejak usia dini, banyak hal yang dapat diajarkan kepada anak melalui musik, dengan musik anak bisa lebih terasah cara dan pola fikir kreatifnya. Namun juga pastikan musik yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan proses belajar serta usia anak.

Post a Comment

0 Comments