Artikel

6/recent/ticker-posts

Tips Meningkatkan Kompetensi Diri Kamu

Pasti kamu ingin kan menjadi seorang mahasiswa yang memiliki banyak sekali kompetensi diri kamu.untuk mengasah serta meningkatkan kemampuan kamu agar kamu menjadi orang yang siap untuk menghadapi dunia kerja.Nah sebelum menghadapi dunia kerja hendaklah kamu mempersiapkan diri kamu secara matang untuk menghadapi dunia kerja,di dunia kerja perlu sekali kompetensi diri.Nah ada tips ni buat kamu yang pengen meningkatkan kompetensi diri kamu.Simak tips berikut ini yaa !

1. Nilailah Diri Sendiri.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mengawalinya dengan menilai kinerja diri.sampai manakah kita  Penilaian harus obyektif dan realistis. Jika Anda merasa kinerja Anda belum maksimal, nilailah seperti itu. Setelah kamu menilai diri kamu kemudian tuliskan poin-poin tugas apa saja yang Anda hadapi di kampus,tempat kerja. Lalu, tanyakan pada diri Anda, seberapa jauh mampu menangani poin-poin tersebut.

2.Tumbuhkan Rasa Penasaran Akan Hal Baru

Nah tips awal untuk meningkatkan dan mengembangkan skill dalam diri kita adalah dengam menumbuhkan rasa penasaran,atau sering kita sebut kepo.Nah tanpa rasa penasaran atau kepo terhadap suatu hal,skill yang kamu miliki akan pada level yang sama saja,atau yah bisa dibilang gak meningkatlah,karena kamu tidak berani mengambil resiko untuk mencoba hal hal baru,yang kamu takuti akan kemungkinan buruknya,padahal itu hanyalah sebuah sugesti dipikiran kamu saja.

Menumbuhkan rasa penasaran tersebut bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya, kamu harus rajin memberikan pertanyaan pada orang yang sekiranya ahli pada bidangnya,agar kamu dapat mengetahui hal hal yang sebelumnya belum kamu ketahui.Dan juga Memberikan pertanyaan akan membantu kita untuk menggali lebih dalam suatu hal dan mempertajam skill.

3. Jadilah Seseorang Yang Fleksibel

Pasti kamu tahu bahwa Dunia semakin dinamisdengan perkembangan zaman dan memberikan banyak tren baru dalam waktu yang cepat. Nah Dalam menghadapi perubahan banyak di segala aspek di dunia tersebut, kamu dituntut untuk menjadi orang yang harus bisa apa saja atau fleksibel. Artinya, kamu bisa beradaptasi dengan perubahan dunia kerja dan bisa mengantisipasi masa depan serta permintaa kerja.Kamu harus bisa mengikuti hal-hal baru yang akan kamu temui nantinya,nah maka dari itu kamu harus se fleksibel mungkin .

4. Temukan Mentor atau Ahli yang bisa dipercaya

Nah jika kamu mau menguasai suatu kompetensi,contohnya kemampuan menggunakan computer ,nah kamu bisa mencari seorang mentor yang sekiranya bisa membantu kami memberikan pelajaran,arahan,nasihat dan pengetahuan terkait bidang yang akan kamu coba kuasai ini.Karena kita perlu berguru dengan orang yang sudah lebih dahulu paham akan hal yang akan kamu minati,tujuannya agar kamu tidak salah langkah,dalam menguasainya.

Memang, pada pengaplikasianya, menemukan mentor yang mau membantu akan cenderung susah-susah gampang. Kamu bisa mengawalinya dengan memperkenalkan diri, menawarkan bantuan agar dia mau membantu kamu untuk berkambang, dan menjelaskan alasan rasional motivasi kamu untuk ‘mendekatkan’ diri, yakni mengejar ilmu.

5. Terus Belajar

Pahamilah bahwa karier seseorang  profesional merupakan sebuah proses di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengikutinya terus menerus.Kamu harus terus terus belajar agar kamu semakin ahli di bidang kamu,dan nantinya kompetensi kamu akan meningkat.

Jadi, gunakan kesempatan ini untuk menguasai kemampuan  secara prosefesional. Kerjakan semua tugas dengan sebaik-baiknya, ikuti aturannya, cari tahu kelebihan dan kelemahan proses yang kamu ikuti, dan seterusnya. Dengan demikian, kamu akan mampu menjalankan semua tugas secara professional.

6. Ikuti Kursus yang Mengasah Kompetensi Kamu

Di social media sering kali kita temukan poster poster kursus kursus keahlian ini banyak sekali tawaran pelatihan atau kursus  untuk semua bidang profesi, dari mulai pelatihan soal keuangan perusahaan, pelatihan program komputer, pelatihan leadership , dan sebagainya. Nah, seperti halnya poin ke-2 di atas, jangan ragu untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, sekalipun tak berkait langsung dengan kompetensi yang akan kamu ingin kuasai Jangan takut untuk mengikuti tes uji kemampuan.tes uji ini bisa mengukur sejauh mana kemampuan kamu. Biasanya, ketakutan dan keraguan muncul ketika Anda belum melangkah. Begitu melangkah, Kamu pasti mampu mengatasi keraguan-keraguan tadi dengan segera. Pengayaan skill ini sudah pasti akan menjadi poin tersendiri dalam menjalani karier Anda.

7. Jangan Mudah Puas Dengan Kompetensi yang kamu miliki

Nah,yang paling penting jangan pernah cepat merasa puas jika kamu merasa level kompetensi kamu sudah masuk level menengah,teruslah belajar hal-hal baru,

 

 

Post a Comment

0 Comments