Artikel

6/recent/ticker-posts

Mau Masuk Jurusan Informatika? ini Hubungan Matematika dan Informatika

Memilih kuliah di jurusan informatika, harus mengetahui hubungan matematika dan informatika secara lebih luas dan lanjut agar tidak kaget. Secara umum, hampir semua jurusan di bangku perkuliahan memiliki mata kuliah matematika yang wajib diikuti.

Apalagi bagi jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Teknik khususnya di Indonesia sendiri. Ada banyak ilmu matematika dan turunannya yang akan menjadi mata kuliah wajib sebagai pendukung pembelajaran lanjutan dalam jurusan tersebut.

Salah satu jurusan yang memiliki cukup banyak perkuliahan matematika beserta turunannya ada di fakultas teknik, tepatnya teknik informatika. Meski sebenarnya teknik ini lebih banyak mementingkan ilmu fisika, namun tanpa matematika ilmu fisika tersebut tidak lengkap.

Mengenal Matematika dalam Jurusan Informatika

Dalam jurusan teknik seperti teknik informatika dikenal istilah matematika dasar dan matematika diskrit. Selain itu ada juga yang memilih memasukkan matematika teknik untuk pembelajaran secara khusus pada hubungan matematika dan informatika.

Matematika diskrit ini merupakan salah satu cabang dari ilmu matematika yang mempelajari berbagai objek bersifat diskontinyu. Alasan jurusan informatika mempelajari hal ini adalah komputer yang dikenal dalam hal digital akan beroperasi dengan unit terkecil disebut bit (binary digit).

Berbagai topik khusus akan dipelajari dan dibahas pada ilmu matematika di jurusan informatika. Beberapa diantaranya adalah aljabar Boolean, matriks, induksi matematik, logika dan penalaran, serta topik relasi dan fungsi.

Penerapan Hubungan Matematika dan Informatika

Melihat bahwa hubungan matematika dan informatika cukup berkaitan satu sama lain, maka kamu juga harus tahu penerapannya agar semakin memahaminya sebelum memilih masuk jurusan informatika di kampus-kampus terkenal dan juga yang populer.

Penerapan utama dari keduanya ini yaitu penyederhanaan pada pemodelan matematika yang seringkali dibahas. Dengan bantuan matematika untuk jurusan informatika akan memberikan solusi yang realistis sehingga bisa diterima oleh akal dan pikiran manusia, serta dapat dibuktikan.

Luasnya ilmu komputer atau teknologi saat ini dapat dilihat dari perkembangan dunia digital yang semakin banyak digunakan. Oleh karena itu, jika kamu ingin masuk jurusan informatika dan ingin mengetahui lebih luas dunia digital, bisa mencoba mempelajari hubungan matematika dan informatika sebagai bekal kuliah.

Post a Comment

0 Comments